Peredaran Ineks di Diskotek Ibiza, Ketua Granat Jatim: Manajemen Jangan Lindungi Pelaku!

Peredaran Ineks di Diskotek Ibiza, Ketua Granat Jatim: Manajemen Jangan Lindungi Pelaku!

Dra. KMAT. Arie Soeripan, M.M (Ketua DPD GRANAT Jawa Timur)-Dok pribadi Arie Soeripan-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Jatim menyoroti temuan narkoba jenis ineks di Diskotek Ibiza. Kasus itu berhasil dungkap Sat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, Selasa, 10 Januari 2023.

 

Kepada Harian disway, Ketua DPD Granat Jatim Arie Soeripan mengatakan bahwa pihak kepolisian dan dinas terkait harus bisa bertindak tegas dengan temuan tersebut.

“Pemkot juga harus berani menutup atau mencabut izin tempat hiburan yang menyediakan narkoba. Apalagi jika terbukti ada keterlibatan orang dalam,” tegas Arie, Rabu, 18 Januari 2023.

“Selain itu, pihak manajemen juga harus terbuka dalam penyidikan. Jangan menutup-nutupi jika ada karyawan yang terlibat,” imbuh Arie.

Arie menjelaskan, saat ini hiburan malam masih menjadi tempat yang strategis untuk peredaran narkoba. Alasannya, di sana tempat orang menghilangkan penat dari rutinitas yang berat sepanjang hari. Untuk itu, Polisi dan BNN perlu memberikan pengawasan berlapis di sana.

“Kalau dulu, narkoba dijual di diskotik-diskotik menengah keatas. Nah sekarang sudah mulai diedarkan di tempat yang menengah ke bawah. Contohnya seperti yang terjadi di Ibiza (diskotik). Saya dengar harganya juga disesuaikan dengan pangsa pasarnya. Jadi sekarang kita tidak bisa lihat lagi dari tempatnya. Semua diskotik berpotensi dengan peredaran narkoba,” ungkapnya.

Ari mengatakan peran serta masyarakat sangat menentukan. Perlu keberanian untuk melapor dan tidak masa bodoh.

“Kami dari granat sering memberikan informasi terkait peredaran narkoba. Harus ada sinergi antara polisi dan masyarakat. Karena polisi juga tidak bisa bekerja sendiri. Polisi juga harus segera menindak. Jangan malah ada anggota yang main mata dengan pengedar,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, SM (30) dibekuk unit Reskrim Polsek Tegalsari, pada Selasa, 3 Januari 2023, lalu. Pria yang kos di Jalan Dukuh Kupang, Surabaya ini, kedapatan tengah mengkonsumsi sabu di kamar kosnya.

Kanit Reskrim Polsek Tegalsari AKP Marji Wibowo mengungkapkan, saat ditangkap SM baru pulang dugem di diskotik Ibiza. Sebelumnya tersangka telah menggunakan ineks.

“Tersangka SM membeli ineks dengan harga 500 ribu, dan langsung dipakai di sana (Ibiza). Lalu pulang ke kamar kosnya,” terang Marji saat dihubungi Harian Disway, Minggu, 15 Januari 2023, malam.

Beberapa hari setelah SM dibekuk, Timsus Satres Narkoba Polrestabes Surabaya mengamankan seorang pedagang ineks di sana.

Seorang koordinator Ladies Company (LC) atau yang biasa disebut mami berinisial IA, diamankan dengan barang bukti ineks yang dijualnya.

"Iya kami tangkap dengan 8 butir pil ineks yang tersisa dan saat ini masih pengembangan," terang AKBP Daniel Marunduri, Jumat (13/01/2023). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: