Aries Agung Peawai Resmi Jadi Pj Wali Kota Batu, Gubernur Khofifah Titip Hal Ini

Aries Agung Peawai Resmi Jadi  Pj Wali Kota Batu, Gubernur Khofifah Titip Hal Ini

Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat melantik Aries Agung Paewai (kanan) sebagai Pj Wali Kota Batu, di Gedung Negara Grahadi, Kamis, 19 Januari 2023-Michael Fredy Yacob-

BATU, HARIAN DISWAY - Aries Agung Paewai sudah resmi mengemban penjabat (Pj) Wali Kota Batu. Sore kemarin, 19 Januari 2023, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantiknya di gedung Negara Grahadi.

Pelantikan itu dilakukan, berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.2.1.3-63344 Tahun 2022. Sebab, masa jabatan Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso sebagai Wali Kota dan Wakil Walikota Batu, berakhir 27 Desember 2022.

Dalam masa kekosongan beberapa waktu lalu, pimpinan di kota wisata itu dipimpin oleh pelaksana harian (Plh). Khofifah menunjuk Zadim Efisiensi. Dirinya merupakan sekretaris daerah (Sekda) Kota Batu.

BACA JUGA:Menggambar Wajah Messi di 124 Hektare Ladang Jagung, Gimana Cara Bikinnya?

BACA JUGA:Tahun Ini Bus dan Koridor Trans Jatim Ditambah

Usai melantik, Khofifah meminta agar Aries dapat melanjutkan seluruh program yang telah berjalan. Utamanya pengembangan sektor wisata yang menjadi ikon dari Kota Batu. Termasuk memperkuat sektor industri kreatif.

“Apa yang menjadi penguatan dari Kota Batu di sektor wisata yang selama ini menjadi salah satu faktor pesatnya pembangunan di Jatim, tolong dijaga dan dikembangkan,” kata Khofifah usah melantik Aries.

Termasuk proyek strategis nasional (PSN) di Batu. Berdasarkan peraturan presiden (Perpres) nomor 80/2019, setiap tiga bulan, progres pengerjaan PSN harus dilaporkan ke pemerintah pusat. Sehingga, dia meminta agar Aries mengawasi PSN itu dengan baik.

Salah satunya yang kini masuk tahap penyelesaian adalah pasar induk sayur dan buah. Menurutnya, jika pasar itu rampung, dapat mendongkrak ekonomi Batu dan Jatim. Serta optimalisasi KEK Singosari yang dapat menumbuhkan start up di Batu.

BACA JUGA:Waduh! Venna Melinda Bawa Hotman Paris ke Polda Jatim

BACA JUGA:La Nyalla Nyalon Ketua PSSI, Bawa Dukungan Pengprov Jatim dan Persela

Sementara itu, Aries menegaskan, dirinya siap untuk menjalankan amanah yang diberikan. Termasuk menjalankan amanah yang telah diberikan Khofifah sebelum dirinya dilantik sebagai Pj Wali Kota Batu.

“Fokus pertama saya adalah tugas dari pemerintah pusat. Yakni kementerian dalam negeri. Lalu, perintah gubernur Jatim untuk menjalankan roda pemerintahan selama kekosongan sampai pilkada nanti," ujarnya.

Program utama yang akan dilakukan adalah melakukan membuat rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kota Batu. Sehingga bisa terlaksana hingga masa jabatannya yang diberikan Kemendagri selesai.

“Terpenting dalam setahun ini harus ada prestasi. Harus ada peningkatan di dalam pembangunan di Kota Batu. Kami berharap ada masukan dari masyarakat, DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: