Ridwan Kamil dan Manuver Papan Tengah

Ridwan Kamil dan Manuver Papan Tengah

-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Sudah menjadi ”rahasia umum”, KIB sangat dekat dengan Jokowi. Semua pendirinya (Airlangga, Zulikifli Hasan, dan Suharso Monoarfa) adalah para menteri. Sangat mungkin akan menjadi skoci untuk calon yang didukung Jokowi.

Nah, akan menjadi menarik bila KIB mencalonkan Ganjar Pranowo. Stok cawapresnya pun bakal banyak pilihan.  Dari sebagian besar survei, Ridwan Kamil paling atas.

Hasil survei Kompas (November 2022), misalnya, menunjukkan duet itu sangat potensial. Ridwan paling kuat di posisi calon wapres. Duet Ganjar-Ridwan akan kuat di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bakal bersaing dengan Anies-AHY atau Anies-Khofifah.

Kalaupun KIB nanti bubar jalan atau parpol-parpol anggotanya memilih jalan berbeda, Ridwan Kamil masih punya pintu lain. Kalau skenario cawapres gagal, Ridwan pun akan menjadikan Golkar sebagai kendaraan politiknya di pilgub Jabar, November 2024 (pilkada serentak). Masih punya kesempatan karena baru satu periode.

”Kalau tidak dapat yang Februari (pilpres), kita ikut yang November (pilgub),” ungkap Ridwan saat kami diskusi bersama. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: