Cheng Yu Pilihan CEO Bolong.id Bryant Gozali: Chi Zhi Yi Heng

Cheng Yu Pilihan CEO Bolong.id Bryant Gozali: Chi Zhi Yi Heng

Cheng Yu Bryant Gozali--

DALAM menjunjung tinggi kebenaran dan perjalanan meraih cita-cita, kitab Konfusianisme Zhongyong (中庸) mengajarkan kita untuk mengatakan "吾弗能已矣" (wú fú néng yǐ yǐ): aku tak akan pernah berhenti. 

Dai Sheng 戴圣 juga menekankan pentingnya keteguhan serupa. Dalam tafsirnya terhadap kitab Liji (礼记), filsuf Konfusianis yang hidup di era Dinasti Han Barat tersebut menyemangati kita untuk "毙而后已" (bì ér hòu yǐ): terus mengejar mimpi, dan baru berhenti berusaha kalau sudah mati.

Tseng Kuo-fan 曾國藩 pun demikian. Jenderal masyhur dinasti Qing itu menyeru kita untuk "持之以恒" (chí zhī yǐ héng): tetap bertahan tanpa menghiraukan aral yang melintang.

Prinsip inilah yang dipegang teguh Bryant Gozali dalam menjalani kehidupannya. "Sebagai manusia, memang perlu ada perseverance. Yang penting jangan give up. Yakinlah kalau kita mau sesuatu, pasti ada jalan," ujarnya.

Bryant lahir di Amerika. Sempat tinggal lama di Xiamen --tepatnya di Gulangyu, pulau kecil nan indah dan banyak sekali koleksi pianonya. Ia ahli masak, meski tidak pernah kuliah tata boga. Ia pemain selo (cellist), yang tergabung dalam kelompok orkestra ternama di Jakarta. Ia jurnalis TV yang kini mendalami teknik sipil. Ia CEO Bolong.id, perusahaan start-up dalam bidang media yang khusus memberitakan tentang Tiongkok. Sungguh pemuda langka yang multitalenta.

Tentu, beragam pencapaian yang diraih Bryant didapat dengan kesungguh-sungguhan dan jiwa pantang mundurnya. 

Sebagaimana ditegaskan filsuf Xun Kuang 荀况 dalam kitabnya, Xunzi (荀子), "Kuda terbaikpun, tak akan bisa sekali lompat langsung sejauh sepuluh langkah. Kuda terburukpun, kalau berlari selama sepuluh hari, akan jauh juga. Kalau dipahat sekali langsung berhenti, kayu lapukpun tak akan patah. Kalau dipahat terus-menerus, logam dan batupun akan musnah. Kunci kesuksesan ada di tidak menyerah" (骐骥一跃,不能十步;驽马十驾,功在不舍;锲而舍之,朽木不折;锲而不舍,金石可镂 qí jì yī yuè, bù néng shí bù; nú mǎ shí jià, gōng zài bù shě; qiè ér shě zhī, xiǔ mù bù zhé; qiè ér bù shě, jīn shí kě lòu). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: