Sebelum Marselino Ferdinan, Ini 7 Pemain Indonesia di Liga Belgia

Sebelum Marselino Ferdinan, Ini 7 Pemain Indonesia di Liga Belgia

Marselino berlari membawa bola.-Officialpersebaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wonderkid Persebaya Marselino Ferdinan diminati dua klub Belgia. Kontraknya habis akhir tahun ini. Namun, ia bisa mengakhiri kontrak lebih cepat. Di klausul perjanjian, Marselino boleh pindah asal ke Eropa.

BACA JUGA:Hari Ini Marselino Ferdinan Berangkat ke Belgia, Alta Ballah Menyusul ke Mallorca?

BACA JUGA:Marselino Boleh Keluar Persebaya Asal Main di Eropa, FIFA Beri Atensi

Marsel bukan pemain sepak bola tanah air pertama yang menjajal bermain di klub Liga Belgia. Tercatat sudah ada tujuh pemain yang lebih dulu ke sana:

BACA JUGA:Kemungkinan Marselino Ferdinan ke Klub Beerschot V.A.

1. Alfin Tuasalamony


Alfin Tuasalamony berjalan menuju lapangan.-rans.nusantara-

Pemain kelahiran Tulehu, Maluku Tengah ini pernah merumput di Belgia. Ia merasakan ketatnya Liga Belgia bersama CS Vise pada musim 2011/2012. Saat itu Alfin genap berusia 20 tahun. Ia mendapatkan tempat khusus disana dan berposisi sebagai bek kanan.

Pada musim perdananya di divisi dua Liga Belgia, ia menorehkan satu gol dalam 20 penampilan. Putaran kedua, ia bermain 29 penampilan dengan tak mencetak gol.

Pada musim berikutnya, ia memilih pulang ke Indonesia, dan bermain di Liga Indonesia. Saat ini Alfin bermain untuk Rans Nusantara FC.

2. Syamsir Alam


Syamsir Alam menyepak bola.-rans.nusantara-

Lalu ada striker bernama Syamsir Alam. Pemain bola berusia 30 tahun itu pernah merasakan ketatnya berkompetisi di Belgia. Terutama menembus line up. Syamsir bermain untuk CS Vise pada musim 2011/2012. Saat itu klub dimiliki pengusaha Indonesia.

Karirnya di divisi dua Liga Belgia tak serupa Alfin Tuasalamony. Ia kesulitan untuk bisa menembus starting CS Vise.  Dalam 10 penampilannya, ia sama sekali tidak mencetak gol. Saat ini Syamsir Alam bergabung dengan Rans Nusantara FC.

3. Yericho Christiantoko


Yericho Christiantoko saat juggling bola.--

Kemudian ada Yericho Christiantoko. Sama seperti Alfin dan Syamsir, ia juga berkesempatan merumput bersama CS Vise pada musim 2011/2012. Bek kiri ini berhasil tampil dalam enam penampilan saja selama bersama CS Vise.

Cedera lutut parah yang dialaminya membuatnya kesulitan untuk bersinar di Liga Belgia. Akhirnya Yericho pulang ke Indonesia pada musim selanjutnya. Saat ini  ia bermain untuk Persekat Tegal pada Liga 2 Indonesia.

4. Zainal Haq


Zainal Haq mendribble bola.--

Kemudian yang keempat ada Zainal Haq. Ia berkesempatan merumput di Belanda dan bermain untuk CS Vise di divisi kedua Liga Belgia musim 2012/2013 lalu.

Zainal Haq bermain sebagai bek. Ia membukukan delapan penampilan saja dalam satu musim. Merasa tak pernah mendapat menit bermain yang lebih, ia kembali ke Indonesia. Pemain berusia 30 tahun ini sekarang bermain untuk Muba Babel United pada kasta kedua Liga Indonesia.

5. Yandi Sofyan Munawar


Yandi Sofyan selebrasi setelah mencetak gol.-officialpersikabo-

Yandi juga merumput bersama CS Vise pada musim 2011/2012. Yandi Sofyan mampu bermain sebanyak 21 kali. Namun pemain berposisi striker itu tidak menghasilkan gol sama sekali.

Di musim berikutnya, Yandi memilih kembali ke Tanah Air. Saat ini ia bermain bersama Persikabo 1973.

6. Abdul Rahman Lestaluhu


Abdul Rahman Lestaluhu menyundul bola.-Badaklampungfc-

Pria kelahiran Desa Tulehu Kepulauan Maluku ini juga pernah bermain untuk CS Vise. Ia bermain pada musim 2012/2013. Abdul Rahman Lestaluhu hanya bermain dalam satu penampilan saja di Liga Belgia.

Kabar terakhir pemain berusia 29 tahun ini bermain untuk Badak Lampung FC, pada musim 2019/2020.

7. Manahati Lestusen


Manahati Lestusen memberi aba-aba rekan timnya.-officialpersikabo-

Manahati Lestusen juga pernah mencicipi pengalaman menjadi punggawa klub di Belgia? Ya, ia pernah bermain untuk CS Vise pada musim 2013/2014 lalu. Ia hanya membubukan dua kali penampilan. Sisanya, Manahati hanya duduk di bangku cadangan.

Untuk menyiasati tak ingin karirnya meredup, ia langsung beranjak pulang ke Indonesia. (Fidelis Daniel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: