Pernyataan Dubes Lyudmila dan Mengapa Indonesia Sayang Rusia?

Pernyataan Dubes Lyudmila dan Mengapa Indonesia Sayang Rusia?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva di Ponpes Nurul Iman, Cibaduyut, Kota Bandung, Selasa, 24 Januari 2023.-Parlementaria/DPR RI-

Rusia merasa Ukraina masih hak mereka. Sepertiga kekuatan nuklir Soviet ada di Ukraina. Sementara Ukraina mempertahankan kehidupan demokrasinya.

Selain mengungkap kedekatan Rusia dengan dunia Islam, Lyudmila juga mengecam insiden pembakaran Al Quran yang terjadi di Swedia 21 Januari 2023. Pelakunya Rasmus Paludan, ekstrimis sayap kanan Swedia-Denmark. 

Ia membakar Al Quran di  depan kedutaan besar Turki di Stockholm, Swedia. Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson turut mengecam provokasi yang melukai hati miliaran penganut Islam.


Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan ancaman pada Swedia yang memberikan izin atas aksi pembaaran Alquran oleh Rasmus Paludan.-Foto/Twitter/@corokandangrusa-

Dukungan dari Rusia itu disambut hangat oleh publik Indonesia. Maka tak heran Dubes Rusia jadi trending topic di twitter, 25 Januari 2023. Kunjungannya ke pesantren lebih banyak dibahas ketimbang perdebatan cebong dan kampret di twitter yang sangat melelahkan itu.

Di pertemuan tersebut, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar juga turut mengecam aksi di Swedia. "Saya tentu saja mengecam keras aksi pembakaran Kitab Suci Alquran di Swedia, itu bukan saja tidak sesuai dengan nilai keagamaan dan toleransi, malah lebih dari itu bisa memicu ketegangan," ucar Cak Imin seperti dikutip dari situs resmi DPR RI, 25 Januari 2023.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta umat Islam tak terprovokasi atas kejadian itu. "Membakar Alquran itu jelas melukai umat Islam, saya mendorong aparat kepolisian di Swedia menindak tegas para pelaku. Tapi yang paling penting kita (umat Islam) harus tetap tenang, tidak terprovokasi dengan aksi itu," lanjut Pimpinan DPR Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) tersebit.

Persamaan sikap tersebut makin membuat umat Islam Indonesia makin sayang Rusia.

Kalau Anda, sayang siapa? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: