Tambah Tiga Penerbangan untuk Turis Asing

Tambah Tiga Penerbangan untuk Turis Asing

Turis asing tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali pada momen akhir tahun 2022-Kemenparekraf RI -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kunjungan turis asing sepanjang Desember 2022 lalu membeludak. Naik 36,19 persen dari sebulan sebelumnya. Secara tahunan, lonjakan terhitung mencapai 447,08 persen.

Target akhir tahun itu pun sesuai harapan Presiden Joko Widodo. Tercatat sebanyak 127,9 ribu kunjungan melalui pintu masuk perbatasan. Dan 767,2 ribu melalui pintu masuk utama.

"Karena Desember lalu ada liburan Natal dan Tahun Baru dan berbagai event di Bali," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam keterangan pers bulanan virtual di Jakarta, Rabu, 02 Januari 2023.

Jumlah kunjungan turis asing itu menunjukkan tren kenaikan sejak Mei 2022. Beriringan dengan melandainya kasus Covid-19. Sehingga berhasil mendorong wisatawan datang ke Indonesia lebih banyak ketimbang 2021.

Sebelum Covid-19 merajalela, kunjungan turis asing mencapai 1,377 juta orang pada Januari 2020. Lalu terjun bebas ke titik nol pada April 2020.

Secara kumulatif, kata Yuwono, kunjungan turis asing mencapai total 5,471 juta pada Januari-Desember 2022. Naik 251,28 persen dari 2021 yang hanya 1,557 juta kunjungan.

Tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menarget jumlah kunjungan turis asing mencapai 7,4 juta. Ada strategi yang bakal diterapkan. Yakni dengan penambahan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi (seat capacity) pesawat. Juga memperbanyak penyelenggaraan event-event berkualitas.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, arahan tersebut langsung dari Presiden Jokowi. Bahwa kemudahan regulasi seperti visa, bebas visa kunjungan dan visa on arrival juga mendapat perhatian.

Rencananya, bakal ada penambahan penerbangan untuk tiga negara yang tergolong pasar pariwisata terbesar Indonesia. Yakni India, Tiongkok, dan Rusia menjadi fokus utama. Tiga negara tersebut dipilih berdasarkan data minat berkunjung ke Indonesia, terutama Bali sangat tinggi. 

"Khusus untuk pasar Tiongkok, sebenarnya sudah ada penerbangan langsung dengan sistem charter," katanya. Dalam waktu dekat bakal ditingkatkan dengan penerbangan langsung berjadwal. Sehingga target jumlah 7,4 juta pergerakan turis asing di tahun ini dapat tercapai. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: