4.907 Personel Amankan Puncak Satu Abad NU

4.907 Personel Amankan Puncak Satu Abad NU

Kapolda Jatim Irjenpol Toni bersama rombongan meninjau kembali persiapan resepsi puncak harlah NU di Sidoarjo, Kamis, 2 Februari 2023.-Humas Polresta Sidarjo-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY- SEBANYAK 4.907 personel disiagakan dalam pengamanan resepsi puncak satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar pada 7 Februari 2023.

Itu disampaikan Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto saat meninjau persiapan gawe akbar NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (GDS), Kamis, 2 Januari 2023. Dalam pengecekan itu, Toni juga didampingi Wakapolda Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, dan pejabat utama (PJU) Polda Jatim.

Mereka mengelilingi kawasan stadion GDS. Memastikan pelaksanaan Hari Ulang Tahun (Harlah) NU yang ke-100 itu dapat berjalan lancar. ”Kita kembali cek lokasi. Juga ke titik-titik yang akan dibanjiri massa. Berharap pengamanan berjalan maksimal, demi kelancaran dan kondusifvtas acara,” ujar Toni.

Yang jelas, petugas telah disiagakan untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi acara. Jumlah personelnya juga bisa bertambah. Melibatkan TNI, Polri, dan Banser. ”Nanti untuk kawasan GOR sudah disterilkan untuk kegiatan puncak Harlah NU,” kata Toni.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro yang turut dalam rombongan mengatakan sudah memerintah personel dari tingkat polsek jajaran untuk menyukseskan acara itu. 

”Kami melakukan pengamanan terbaik untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran acara itu,” ujar Kusumo.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 065/715/438.1.3.1/2023 tentang Mekanisme Sistem Kerja Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo pada gawe akbar itu.


Sound system, ragging, layar tampak dari atas tribun.-Haikal Ismail.-

Dalam surat edaran tersebut, ia tidak hanya menginstruksikan mekanisme pekerja di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Tetapi, juga untuk bidang pendidikan. Yang meliburkan atau mengganti sistem belajar daring dari rumah kepada seluruh siswa SD dan SMP serta lainnya seperti TK dan PAUD pada 7 Februari 2023.

Gus Muhdlor –sapaan akrab bupati Sidoarjo itu– mengatakan, untuk jam kerja pegawai, pada 6 Februari 2023 diberlakukan work from office (WFO) mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan work from home (WFH) 3 jam mulai pukul 13.30 WIB hingga 16.30 WIB. Khusus organisasi perangkat daerah (OPD) dengan lima hari kerja. Sedangkan OPD dengan enam hari kerja ditetapkan WFH selama dua jam.

”Bagi pegawai yang WFH, gawainya harus aktif. On call. Tak boleh ke luar kota, kecuali tugas kedinasan,” ujar Gus Muhdlor. Khusus petugas teknis lapangan seperti dinas perhubungan, satpol PP, dinas lingkungan hidup dan kebersihan, badan penanggulangan bencana daerah, dan dinas teknis lainnya yang terlibat langsung pada rangkaian acara satu abad NU di hari H.

Bupati Gus Muhdlor menginstruksikan kepada dinas kesehatan dan RSUD untuk mengatur mekanisme kerja. Dengan tetap mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum maupun khusus pada rangkaian acara. ”Disiapkan memberikan pelayanan kesehatan bagi tamu para jamaah,” katanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: