Bulan K3 Nasional, PLN UIP JBTB Gelar Berbagai Kegiatan

Bulan K3 Nasional, PLN UIP JBTB Gelar Berbagai Kegiatan

STAF PLN saat melakukan pelatihan pencegahan kebakaran.- PLN UIP JBTB-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) berkomitmen meningkatkan implementasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Salah satu wujudnya adalah mereka melakukan pelatihan tanggap darurat.

Misalnya, kebakaran, bencana alam, dan huru-hara. Kali ini juga melaksanakan pencegahan radikalisme dan terorisme. Mereka menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Jatim, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Surabaya, dan Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya.

Di bulan K3 nasional kali ini, perusahaan BUMN itu mengusung tema Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.

”Diharapkan dengan adanya penyuluhan dan pemaparan ini, akan makin mengobarkan jiwa nasionalisme dan memiliki paham yang benar. Tentu dalam berbangsa dan bernegara untuk pegawai dan tenaga alih daya PLN,” kata BNPT FASDA Kota Surabaya Ambaransyah Pradipta A.

”Jadi, kita mengingatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus menjunjung tinggi semangat berbangsa dan bernegara yang bertoleransi yang cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Surabaya Yanu Mardianto menambahkan, penyuluhan tanggap darurat itu telah dilaksanakan secara periodik oleh PLN dan BPBD.

Dalam penyuluhan tersebut, pegawai dan tenaga alih daya PLN diajari untuk tetap siap siaga dalam keadaan darurat. Contohnya, kebakaran, huru-hara, dan bencana alam.

”Sosialisasi itu disambut positif oleh pegawai dan tenaga alih daya PLN UIP JBTB, PLN ICON+, dan PLN UPMK II. Mereka dengan antusias mengikuti pelatihan dari awal hingga selesai,” ucapnya.

Selain penyuluhan, PLN UIP JBTB kerap melakukan pemeriksaan proses pekerjaan. Pemeriksaan itu berdasar prinsip K3. Dilakukan secara berkala dalam setiap proses pekerjaan.

Hal itu dibuktikan dengan hasil capaian zero accident di awal 2023 dan tahun-tahun sebelumnya. Dalam bulan K3 nasional ini, juga dilaksanakan road show pemeriksaan kesesuaian dengan K3. Di lapangan maupun yang ada di kantor.

PLN selalu memastikan prinsip K3 diterapkan dalam segala aspek pekerjaan, baik dari sisi prosedur kerja, yakni dengan memastikan pekerja dalam keadaan sehat. Dengan adanya pengawas pekerjaan yang selalu stand by.

General Manager PLN UIP JBTB Muhammad Ramadhansyah menambahkan, kegiatan K3 itu dilaksanakan tidak hanya dalam bulan K3 nasional. Namun, PLN juga selalu memastikan bahwa setiap pekerjaan, mulai di kantor hingga di lapangan, semuanya mengedepankan dan menerapkan prinsip K3.

”Kami selalu menekankan bahwa tidak ada yang lebih penting dari nyawa manusia. Sehingga setiap pekerjaan dilaksanakan secara profesional, kompeten, dan dilaksanakan sesuai budaya akhlak BUMN,” tegasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: