Freeport Diterjang Banjir dan Longsor

Freeport Diterjang Banjir dan Longsor

Nasib 14 karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sempat tertahan lantaran banjir dan longsor terungkap--PMJ NEWS

MIMIKA, HARIAN DISWAY - Hujan memporak-porandakan salah satu kawasan penambangan di Papua, Freeport, Sabtu, 11 Februari 2023. Bencana alam itu terjadi di Distrik Copperpura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Berdasarkan laporan yang beredar, daerah tersebut terendam banjir bandang dan tanah longsor.

“Pada hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 sekitar pukul 16.00 WIB terjadi longsoran di Kawasan Sag Mile 3 Mile 74 Copper Pura akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan longsor di Kawasan 74”, ujar Kabid Humas Kapolda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo.

Bencana itu mengakibatkan lumpur mengucur di beberapa tempat pabrik pengolahan konsentrat (Mill-Concentrating) dan beberapa bagian tambang rusak.

BACA JUGA:Presiden FIFA Gianni Infantino Tahu Persis Kualitas Ketum PSSI Erick Thohir

BACA JUGA:Update Gempa Turkiye: Korban Tewas 45 Ribu Jiwa, Bantuan ke Suriah Sulit Masuk

Ketika bencana itu terjadi, terdapat 14 karyawan yang terjebak dalam satu ruangan di area kerja. Tanah longsor tersebut terjadi di daerah di mana pabrik perusahaan berada, yaitu di Gedung OB1. Terpisah dari tambang Grasberg milik perusahaan.

Kapolres Mimika AKBP I gede Putra menerangkan pada 12 Februari 2023, bahwa ada 2 masyarakat non karyawan hilang. Tetapi saat ini sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

“Saat ini, kondisi Tembagapura, khususnya Kawasan pabrik MP 74 terkendali dengan baik”, ujar Tony Wenas, CEO PT Freeport Indonesia (PTFI) seperti dikutip CNBC Indonesia pada Minggu, 12 februari 2023.

“Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kasus ini. Prioritasnya adalah keselamatan semua pekerja di lokasi”, tambahya.

Ia juga menambahkan bahwa sejak tadi malam, timnya terus melakukan operasi pembersihan dan pemulihan secara aman dan prioritas. Diharapkan, operasional bisa berjalan kembali normal secepatnya. (Umaimah ‘Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: