Update Gempa Turkiye: Korban Tewas 45 Ribu Jiwa, Bantuan ke Suriah Sulit Masuk

Update Gempa Turkiye: Korban Tewas 45 Ribu Jiwa, Bantuan ke Suriah Sulit Masuk

GEDUNG RUNTUH dan rata dengan tanah di kota Kahramanmaras, Turki. Diduga, masih ada ratusan orang yang terjebak di dalamnya.-ADEM ALTAN-AFP-

ANKARA, HARIAN DISWAY - Korban gempa Turkiye sudah mencapai 45 ribu jiwa per, Minggu, 19 Februari 2023. Sebanyak 264.000 unit apartemen hancur. Jutaan orang tak memiliki rumah.

Gempa bumi kekuatan magnitudo 7,8 mengguncang pada Senin 6 Februari 2023 lalu. Hingga dua pekan masih banyak korban yang dilaporkan hilang.

Jumlah korban tewas tersebut merupakan akumulasi dari Turkiye dan Suriah. Jumlah korban di Turkiye mencapai 39.672 jiwa, sedangkan di Suriah sudah lebih dari 5.800 jiwa. 

Jumlah korban gempa Suriah tidak berubah selama berhari-hari. Belum ada laporan resmi dari otoritas setempat. Bisa jadi, jumlah korban belum dilaporkan masih banyak.

Berbagai negara datang membantu. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga menggelontorkan USD 1 miliar untuk membantu korban.

BACA JUGA:Kisah REDOG: Pasukan K9 Swiss yang Temukan 39 Korban Selamat Gempa Turkiye

BACA JUGA:Aksi Heroik Anjing Proteo yang Gugur saat Menyelamatkan Korban Gempa Turkiye

 


Tim medis Indonesia berangkat ke Turkiye, 13 Februari 2023.-BNPB-

BACA JUGA:Tim Medis Bersatu, Indonesia Kirim 119 Relawan ke Turkiye

BACA JUGA:Gempa Persatukan Armenia-Turkiye: Buka Perbatasan untuk Kali Pertama

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, bantuan itu bakal diberikan secara bertahap untuk 5,2 juta jiwa.

Anggaran itu diperlukan untuk mempercepat pemulihan infrastuktur jalan dan jembatan, fasilitas kesehatan, ketahanan pangan, tempat pendidikan, hunian, dan air bersih. 

“Kebutuhannya sangat besar, orang-orang menderita dan tidak ada waktu untuk disia-siakan,” kata Guterres dilansir Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: