Mengenal POWERbreathe, Teknik Pernapasan untuk Kesehatan Jantung

Mengenal POWERbreathe, Teknik Pernapasan untuk Kesehatan Jantung

Seorang Pria Menghirup Udara Segar Sambil Membaca Buku-Andrea Piacquadio-Pexels

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tanpa kita sadari, sebenarnya hal-hal kecil dapat memberi dampak yang luar biasa. Salah satunya melatih otot respirasi pernapasan dengan teknik POWERbreathe yang baik untuk jantung dan tekanan darah.

Ada pribahasa begini: Lebih baik mencegah daripada mengobati. Olahraga diperlukan untuk menjaga imunitas dan ketahanan diri. Namun, bagaimana jika kondisi tidak memungkinkan kita untuk berolahraga?

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Ada beberapa bagian dalam tubuh maupun psikisnya yang membutuhkan penanganan khusus.

Namun, rutinitas olahraga kadang tidak serta merta dapat dilakukan. Mulai menjalani hidup dengan pola yang sehat juga telah banyak dirasakan manfaatnya.

“Kami menemukan fakta bahwa mengelola pernapasan sebanyak 30 kali per hari selama enam pekan menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 9 milimeter air raksa,” kata Craighead, seorang ahli fisiologi integratif di University of Colorado Boulder.

Temuannya ia dapat dari uji coba pada relawan sehat berusia 18-82 tahun yang diminta untuk mencoba POWERbreathe.

BACA JUGA:Presiden FIFA Gianni Infantino Tahu Persis Kualitas Ketum PSSI Erick Thohir

BACA JUGA:Update Gempa Turkiye: Korban Tewas 45 Ribu Jiwa, Bantuan ke Suriah Sulit Masuk

Tekniknya sangat mudah. Mulai dari menarik napas dalam-dalam, menahan, dan membuangnya sebanyak 30 kali. Butuh waktu lima menit saja sehari.

Sedangkan hasilnya bisa disandingkan dengan latihan aerobik konvensional, seperti berjalan, berlari, atau bersepeda.

Masih soal pernapasan, dokter di Mayo Clinic, Amerika, Michael Joyner memberikan pendapat bahwa pelatihan itu juga bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi. Menurutnya latihan tersebut sangat menjanjikan dan cocok dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bisa melakukan latihan aerobik.

Latihan kekuatan otot  pernapasan dapat meningkatkan fungsi endotel 45 persen – sel yang melapisi pembuluh darah - dan menghasilkan oksida nitrat, senyawa yang melindungi jantung.

Oksida nitrat membantu melebarkan pembuluh darah, membawa aliran darah yang baik, hingga mencegah penumpukan plak di arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: npr.org