Aksi Heroik Anjing Proteo yang Gugur saat Menyelamatkan Korban Gempa Turkiye

Aksi Heroik Anjing Proteo yang Gugur saat Menyelamatkan Korban Gempa Turkiye

Potret mengenang anjing Proteo yang meninggal-Twitter-@NdrewsTjan

ANKARA, HARIAN DISWAY - Aksi heroik anjing penyelamat dari Meksiko dengan berani menyelamakan korban gempa di Turkiye. Karena itu Proteo nama anjing tersebut meninggal dan jasanya dikenang oleh banyak orang.

Gempa menimpa negara Turkiye dan Suriah sejak 6 Februari 2023 lalu telah memakan korban meninggal kurang lebih sebanyak 35.000 jiwa.

Banyak negara tetangga yang ikut serta membantu Turki dan Suriah, salah satunya negara Meksiko. Tidak hanya manusia yang ikut berpartisipasi dalam penyelamatan ini, tetapi para anjing dari Meksiko juga turut serta membantu dalam pencarian korban gempa di Turkiye dan Suriah.

Dilansir dari Independent UK (13/02/23) terdapat enam belas anjing pelacak dari Meksiko yang membantu mencari korban gempa sejak tanggal 7 Februari 2023.

Salah satunya anjing Proteo jenis Canine yang telah gugur dalam misinya menyelamatkan orang-orang di Turkiye. Dilaporkan dari Palang Merah Meksiko melalui akun twitter resminya bernama @CruzRoja_MX bahwa "Hari ini kami dengan hormat mengucapkan selamat tinggal kepada seekor anjing besar, elemen dari @SEDENAmx yang selalu bekerja dengan keberanian dan keberanian. Terima kasih "PROTEO" kami menjaga Anda dari tempat yang lebih baik dan membimbing pasangan kami di setiap pencarian.’’


Akun twitter palang merah Meksiko mengucapkan perpisahan dengan anjing Proteo-Hasil screenshot-Twitter @CruzRoja_MX

Akun twitter tersebut membagikan sebuah video para petugas penyelamatan Meksiko sedang mengenang kepergian anjing Proteo dengan membentuk formasi berbentuk persegi, setelah itu mereka bertepuk tangan akan jasa si anjing dan mengucapkan salam perpisahan untuk anjing Proteo. 

Diketahui Proteo telah meninggal pada tanggal 12 Februari 2023 karena terkena reruntuhan puing-puing bangunan ketika menyelamatkan dua orang korban gempa di Turki.

Para anjing penyelamatan melaksanakan tugasnya dengan cara mencari jejak-jejak korban dengan cara diendus dan menggaruk tanah yang paling kuat bau manusia, lalu menggonggong memberi sinyal kepada pemiliknya jika ada korban tertimbun reruntuhan.

Tak hanya itu, para anjing penyelamat juga memasuki tempat-tempat kecil yang tak terjangkau manusia lalu dengan mudah menemukan korban yang tak terjangkau.

Sayangnya hal ini juga membuat banyak anjing yang terluka karena menginjak benda tajam dan terluka ringan akibat terkena reruntuhan puing bangunan.

Sampai saat ini, Kementrian Pertahanan Meksiko belum menjelaskan secara detail bagaimana anjing Proteo mati. Sedangkan media Meksiko menjelaskan anjing Proteo mati karena tertiban reruntuhan bangunan.


Elemen yang menaungi anjing Meksiko mengucapkan kepergian untuk Proteo-Hasil screenshot-Twitter @SEDENAmx

Semua orang yang mendengar kabar anjing Proteo mati karena aksi heroiknya itu nampak turut berduka cita dan membagikan kesedihannya di twitter hingga trending. Diketahui akun twitter @SEDENAmx juga mengucapkan kepergian anjing penyelamat Proteo. (Yulita Intania Putri Herawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: