Magnet Ketum PSSI Baru Erick Thohir, Membedah Data Perbincangan Warganet Sebulan Terakhir

Magnet Ketum PSSI Baru Erick Thohir, Membedah Data Perbincangan Warganet Sebulan Terakhir

FIFA memberikan catatan terhadap enam stadion yang dipakai untuk pertandingan Piala Dunia U-20 2023, jika tidak memenuhi syarat maka Stadion tersebut bisa dicoret.-Instagram @PSSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Tok! Akhirnya Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk Periode 2023-2027 pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta kemarin Kamis (16/2).

Sebelum terpilihnya sang Menteri BUMN tersebut, ia telah menjadi perbincangan paling banyak warganet di semua sosial media sebagai Ketua Umum PSSI.

Erick Thohir mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI pada tanggal 15 Januari 2022 dengan menyerahkan berkas ke kantor PSSI di GBK Arena sebelum ada komite pemilihan.

Pendaftaran Erick Thohir sontak menjadi perbincangan banyak warganet kala itu. Ia mambawa misi mewujudkan sepak bola Indonesia yang bersih dan fantastis. Dukungan demi dukungan diterimanya. Termasuk Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Erick Thohir Ketum PSSI Baru, Didukung 64 Suara

BACA JUGA:Jadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Bicara Soal Piala Dunia U-20 dan Sarasehan Sepak Bola


Erick Thohir diapit La Nyalla Mahmud Mattalitti (kiri) dan Mochamad Iriawan (kanan)-Tim Media Erick Thohir-

"Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita," ujar Jokowi di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan dari Media Wave, platform monitoring dan analisis media sosial menyatakan ada 16.229 percakapan yang memuat tentang para kandidat Ketua Umum PSSI, dan percakapan sebanyak 73,57 persen atau sebanyak 11.940 didominasi oleh Erick Thohir.

Hasil pantauan ini dilakukan selama satu bulan dengan tenggang waktu 13 Januari – 13 Februari 2023 lalu.

General Manager Analyst of Mediawave, Nadia Shabilla menjelaskan bahwa naiknya nama Erick Thohir pada urutan paling atas didorong oleh sejumlah topik yang di antaranya deklarasi dukung sejumlah pihak, mulai dari gerakan anak muda B.E.D.A yang digagas oleh Tsamara Amany dan Pangeran Siahaan.

Ada juga dukungan dari para artis tanah air seperti Raffi Ahmad dan Atta Halilintar yang mendampinginya pada saat mencalonkan diri hingga presiden Jokowi dan kedua anaknya Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming.

BACA JUGA:Gagal Jadi Ketua Umum PSSI, La Nyalla Beri Pesan Khusus untuk Erick Thohir

BACA JUGA:Periode Iwan Bule di PSSI Selesai, ini Harapannya untuk Ketua Umum Baru


Menteru BUMN Erick Thohir mendaftar sebagai Ketua PSSI, Minggu, 15 Januari 2023 didampingi Atta Halilintar dan Raffi Ahmad.-twitter @erickthohir-

Nadia juga menyebut bahwa percakapan terkait Erick didominasi dengan sejumlah kata kunci seperti kemajuan, harapan, dukungan dan bersih.

Kata kunci itu juga menjadi alasan mengapa nama Erick Thohir berada di urutan atas dan dinilai oleh para warganet akan memberikan harapan besar bagi kemajuan sepakbola tanah air.

“Erick diyakini dapat membenahi dan memberihkan PSSI menjadi lembaga yang lebih baik,” katanya.

Hal ini juga diperkuat oleh analisis yang dilakukan Cakradata pada tanggal 13-17 Januari, pukul 08.00 WIB lalu.

Pada datanya Erick Thohir juga menjadi perbincangan paling banyak warganet dibandingkan kandidat-kandidat lainnya.


Menteri BUMN Erick Thohir saat mendaftar sebagai Ketua PSSI di Jakarta, 15 Januari 2023.-Twitter @erickthohir-

Erick Thohir mendapat sebanyak 25.509 percakapan yang terdiri dari 87,6 persen percakapan positif dan 13,4 persen percakapan negatif.

Tentu dengan adanya bukti analisis bahwa Erick Thohir menjadi perbincangan paling banyak warganet, demikian adalah faktor pendukung untuknya menjadi seorang Ketua Umum PSSI.

Publik menilai ia adalah tokoh yang layak untuk menjadi Ketum PSSI. Selain banyaknya perbincangan, di dalamnya juga terdapat banyak harapan yang diberikan kepada Erick Thohir agar bisa membenahi PSSI untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: