Buron KPK Ricky Ham Pagawak Ditangkap

Buron KPK Ricky Ham Pagawak Ditangkap

Ricky Ham Pagawak saat akan dibawa ke Jakarta-Humas Polda Papua-

JAYAPURA, HARIAN DISWAY - Ricky Ham Pagawak, Bupati non aktif Mamberamo Tengah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi, di BTN Marwa Jalur III Jl. Kehiran, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu, 19 Februari 2023.

Setelah dinyatakan buron sejak 23 Juli tahun 2022, akhirnya pelarian tersangka kasus dugaan suap proyek di Mamberamo Tengah ini terhenti. Dalam penangkapan Ricky, KPK diback up oleh tim Jatanras Polda Papua. Ricky ditangkap pada pukul 16.45 WIT.



Ricky Ham Pagawak saat di bandara sentani-Humas Polda Papua-

 

“Setelah diamankan, yang bersangkutan kemudian dibawa menuju Mako Sat Brimob Polda Papua yang didampingi Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Budi Satrijo, bersama Danyon A Pelopor Kompol Clief Gerald Ph. Duwith,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, Senin, 20 Februari 2023.

Selain itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menegaskan, Polri dalam hal ini hanya membantu tugas KPK dalam melakukan penangkapan. Polda Papua juga  memberi pengamanan ketat dalam proses penangkapan hingga Ricky diberangkatkan ke Jakarta. 

“Kami sangat berharap proses ini segera berjalan dan KPK bersama RHP secepatnya dapat tiba di Jakarta untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Terkait situasi di Kabupaten Mamberamo Tengah, hingga saat ini masih kondusif. Tidak ada peningkatan keamanan. Mathius berharap kondusifitas terus berjalan hingga proses Penyidikan KPK terhadap RHP dinyatakan selesai.

“RHP hari ini telah diberangkatkan bersama KPK RI menuju Jakarta pagi tadi sekitar pukul 08.43 WIT dalam rangka pemeriksaan lanjutan atas kasus yang melibatkan Bupati Mamberamo Tengah Non Aktif itu,” tutup Kapolda Papua.

 

Sementara juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan saat ini tersangka Ricky masih dalam perjalanan ke Jakarta.

Ricky Ham Pagawak diduga menerima suap senilai Rp 24,5 miliar dari tiga pengusaha yang menggarap proyek infrastruktur di Kabupaten yang dipimpinya. Mamberamo Tengah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: