Fashion Show Kepiting di Tiongkok

Fashion Show Kepiting di Tiongkok

Seorang anak dengan kepiting yang dihias-Weird Asian News-

HUAIAN, HARIAN DISWAY - Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata fashion show? Barisan model tinggi semampai yang tengah memperagakan busana, jajaran figur publik bergelimang harta yang duduk di kursi depan, gerombolan fotografer dan wartawan yang tengah meliput acara, dan lain-lain.

Namun, peragaan busana yang satu ini bukan fashion show biasa! Lagi-lagi berita datang dari negeri tirai bambu, tepatnya di kota Huaian, provinsi Jiangsu, Tiongkok seperti yang diwartakan oleh Weird Asian News

Ada sebuah tradisi unik yang dilakukan oleh penduduk Huaian selama lebih dari 70 tahun ketika festival musim panen tiba.

Ya, mereka rutin mengadakan fashion show bagi kepiting setiap tahunnya di Festivsl Musim Panen Danau Hongze. Tidak, Anda tidak salah baca. Model yang berpartisipasi dalam acara tahunan musim panen ini adalah kepiting.

Kepiting jenis Eriocheir sinensis atau umum disebut Chinese mitten crab adalah komoditas terbesar di kota Huaian.

Meskipun jumlah spesies kepiting Eriocheir sinensis mengalami penurunan sehingga menaikkan harga jual, penduduk di sekitaran danau Hongze masih memanen kepiting bahkan mencapai 6.000 ton setiap tahunnya.

Bukan tanpa sebab, acara fashion show kepiting ini kemudian diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai upaya menarik perhatian calon pembeli baik lokal maupun asing.

Acara ini diikuti setidaknya oleh 150 orang peserta. Tiap peserta harus mendandani kepitingnya secantik dan seunik mungkin.


Salah satu peserta Festival Panen Tahunan Danau Huaian yang melukis cangkang kepiting miliknya-Weird Asian News-

Ada yang mendandani kepiting mereka denga pakaian tradisional khas Tiongkok, ada pula yang menghias kepiting mereka dengan payet berkilauan.

Tidak hanya itu, peserta juga harus berdandan senada dengan kepiting yang mereka hias. Bagi peserta dengan "busana" terbaik dan terunik akan dinilai oleh juri dan mendapatkan hadiah.

Anda sudah tahu kepiting juara jadi apa? Jadi kalori dan kolesterol di meja makan. hihihi!(Radinka Daynara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: