Pelindo Mengajar, PT Terminal Petikemas Surabaya Hadir di SMK Negeri 2 Surabaya

Pelindo Mengajar, PT Terminal Petikemas Surabaya Hadir di SMK Negeri 2 Surabaya

Bambang Hasbullah (Kanan) memberikan penjelasan terkait alan bongkar muat-Humas TPS-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pelindo Mengajar, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) hadir di SMK Negeri 2 Surabaya, Rabu, 22 Februari 2023. Pelindo Mengajar memilih lokasi yang berada di wilayah operasional Pelabuhan dan TPS memilih hari ini karena bertepatan dengan World Thinking Day.

 

Kehadiran PT TPS disambut dengan tari remo dan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dari siswa SMKN 2 Surabaya. Acara yang diselenggarakan di aula sekolah tersebut, diikuti 150 siswa kelas XII dari berbagai jurusan.

 

Selain di SMKN 2 Surabaya, ada perwakilan 125 Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh Indonesia. Acara tersebut, mulai dari 20 - 24 Februari 2023, dengan target peserta sebanyak 30 ribu siswa kelas XII.

 

Program yang diinisiasi oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo ini diturunkan kepada 4 regional Pelindo dan 4 subholding Pelindo, dimana TPS yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) juga turut serta dalam mendukung kegiatan tersebut.

 

Pada kesempatan ini, Plt. Direktur Utama TPS Bambang Hasbullah memberikan motivasi belajar kepada para Gen Z.

 

Selain itu, Bambang juga memberi pembekalan terkait industri kepelabuhanan dan logistik. Serta bagaimana peran kementerian BUMN dan peran Pelindo dalam rantai logistik perekonomian Indonesia.

 


Bambang Hasbullah (Kiri) memberikan bantuan kepada SMKN 2 Surabaya-Humas TPS-

 

“Dalam mewujudkan generasi Indonesia yang unggul dan berdaya saing bukan hanya tugas dunia pendidikan, tapi juga peran dari dunia industri tersebut, untuk itu kami saat ini hadir di SMKN 2 Surabaya ini”, ungkap Bambang Hasbullah.

 

Bambang mengaku cukup kesulitan menjadi pengajar terkait dunia kepelabuhanan. Banyak istilah-istilah yang awam. Serta tidak mudah dipahami bagi para siswa. Apalagi mereka belum pernah tahu sama sekali tentang industri pelabuhan. Meski demikian, hal tersebut bukan menjadi hambatan. Justru ini menjadi tantangan tersendiri baginya, untuk turut andil dalam mencetak generasi unggul Indonesia.

Raut wajah para murid terlihat semangat mengikuti kegiatan tersebut. Mereka juga tampak aktif. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan.  Seperti, apakah TPS membuka kesempatan magang bagi para siswa SMK, apa saja pekerjaan di TPS yang sesuai dengan jurusan mereka. Hingga dengan pertanyaan polos berapa gaji pegawai BUMN itu. Pertanyaan mereka menjadikan suasana lebih interaktif.

“Suka banget hari ini kedatangan Bapak/Ibu dari Pelindo, selain dapat ilmu baru tentang dunia pelabuhan, kami juga dapat banyak hadiah hari ini, bahkan kami juga bisa foto bareng pak Erick Thohir loh, terima kasih Pelindo, terima kasih TPS”, celetuk Yudha Syaifulloh Anggara, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Surabaya Bambang Poerwodiantoro merasa  gembira. Sekolah yang dipimpinnya bisa terpilih dalam program Pelindo Mengajar, serta menjadi tujuan mengajar TPS. Ia berharap berharap dengan program Pelindo Mengajar ini, bisa mengedukasi para siswa. Terutama tentang dunia kemaritiman, yang dinilai masih asing.

“Sekaligus memberikan motivasi untuk berkontribusi kepada negeri” ungkap Bambang Poerwowidiantoro.

TPS juga menyerahkan bantuan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ada 2 unit Personal Computer (PC) dan 1 unit laptop yang diserahkan. Ada pula bantuan kepada 2 siswa berprestasi.

Hal ini sekaligus sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan untuk mencerdaskan anak bangsa dan mendukung digitalisasi dalam bidang pendidikan. Harapannya bantuan dan kegiatan tersebut, bisa menunjang aktivitas belajar mengajar di SMKN 2 Surabaya serta dapat meningkatkan prestasi para siswanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: