PT INKA Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

PT INKA Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

PT INKA memberangkatkan gerbong pesanan KiwiRail, Selandia Baru.-PT INKA-

MADIUN, HARIAN DISWAY - PT INKA (Persero) mengirim gerbong barang pesanan KiwiRail di New Zealand, atau Selandia Baru, Kamis 23 Februari 2023. Mereka menjual 133 unit gerbong  bertipe container flat top (CFT) wagon di gelombang pertama.

 

Pengiriman itu adalah bagian dari proyek 262 unit gerbong hasil kerjasama perusahaan Australia yakni UGL di Januari 2021. 

 

“Ada dua unit prototype dari proyek ini yang dikirim pada Desember 2021 lalu dan telah selesai tahap tes dinamis oleh UGL dan KiwiRail pada pertengahan 2022,” jelas Direktur Utama  PT INKA (Persero) Eko Purwanto.

 

Tak sampai di situ. BUMN produsen kereta api itu juga  memperoleh kontrak dari UGL untuk pengadaan 450 wagon pada September 2022 dan kontrak 50 platform/underframe lokomotif pada November 2021. 

 

BACA JUGA:Merajut Simbiosis Inovasi Teknologi Perkeretaapian PT INKA dan Politeknik Negeri Madiun

BACA JUGA:Komisi VI DPR Jajal LRT Buatan INKA


PT INKA dan perwakilan perwakilan dari Selandia Baru bertepuk tangan untuk pengiriman 133 gerbong barang.-PT INKA-

 

“Kami tentunya bangga terkait hubungan dengan UGL yang membuktikan kemampuan INKA untuk bersaing di kancah global dan berharap kerjasama ini bisa berkesinambungan mengingat masih terbukanya kebutuhan sarana disana” pungkas Eko.

 

Direktur Program Rollingstock Procurement KiwiRail, Chrissy Farago mengatakan, gerbok INKA itu dibutuhkan untuk peremajaan dan modernisasi.

 

"Ketika pengujian selesai, gerbong-gerbong baru ini akan langsung ditempatkan dan digunakan untuk angkutan kayu sebagai salah satu pelayanan KiwiRail untuk industri kehutanan New Zealand,” ucao Chrissy Farago.

 

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Lawan PSM Laga Kandang

BACA JUGA:Persebaya Ingin Main di Gelora Bung Tomo, Berharap Kebijakan Kementerian PUPR

 

Manajer Pengadaan Rollingstock, Capital Projects & Asset Development KiwiRail Amy Chen  mengunjungi PT INKA (Persero) untuk mengucapkan terimakasih atas produk itu. Ia mengapresiasi gerbong bikinan anak bangsa tersebut.

 

"Untuk bagian manufaktur, ini (INKA) adalah pemasok kedua yang kami miliki. Jadi kualitasnya sangat bagus. Rekan saya, Stan dan saya sudah beberapa kali berkunjung. Kami telah meninjau kualitas produksinya," aku Amy Chen.

 

Gerbong yang dibeli dibagi menjadi tiga tipe.  Yakni, 40 ft, 50 ft, dan 60 ft yang didesain oleh UGL di Newcastle Australia dengan berat kosong 15,2-17,1 ton. Sementara daya angkut maksimum  mencapai 62.9 ton. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: