Marselino Ferdinan Mulai Debut di Eropa, Main 10 Menit di Laga KMSK Deinze vs Jong Genk

Marselino Ferdinan Mulai Debut di Eropa, Main 10 Menit di Laga KMSK Deinze vs Jong Genk

--

Marselino Ferdinan akhirnya memulai debutnya di Eropa. Ia diturunkan klubnya KMSK Deinze saat menghadapi Jong Genk di Liga 2 Belgia, Sabtu 25 Februari 2023. 

 

Deinze bertemu Jong Genk di babak playoff relegation grup Liga 2 Belgia 2023/2022. Laga itu berlangsung di kandang Deinze, Burgemeester Van De Wiele stadion atau Dakota Arena, Sabtu (26/2). Laga yang berlangsung pukul 22.00 WIB itu berakhir dengan skor 1-3 untuk Jong Genk.

 

Pertandingan ini penting bagi kedua tim. Babak relegation grup Liga Belgia diisi 6 tim. KMSK Deinze saat ini berada di peringkat 2.

 

Di laga itu, Deinze sejak awal memang kesulitan mengembangkan permainan. Mereka memang menguasai ball possesion, tapi Deinze seringkali gagal memberi ancaman ke gawang Jong Genk. Deinze kalah terlebih dulu 0-1 lewat kaki Jamie Yayi Mpie (menit ke-37). Kemudian mereka berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat heading Dylan De Belder (74’). 

 

Setelah itu fisik para pemain Deinze banyak terkuras. Para pemain Deinze kerap tak mampu menghentikan serangan balik Jong Genk. Berselang dua menit setelah menyamakan kedudukan, Deinze kembali tertinggal. Jong Genk mencetak gol lewat Bastian Toma di menit ke-76.

 

BACA JUGA:Horeee! Marselino Ferdinan Masuk Line Up KMSK Deinze vs Jong Genk

 

Marselino baru dimasukan di menit ke-80. Marsel -panggilan akrab Marselino- menggantikan gelandang Jellert van Landschoot. Marsel tampak belum nyetel dengan permainan timnya. Ditambah fisik pemain Deinze lainnya memang sudah terkuras. Umpan-umpan ketika build up serangan banyak di-direct. Jong Genk pun menutup skor lewat gol ketiga di menit ke-89.

 

Meskipun gagal membawa timnya meraih kemenangan, namun kesempatan yang diberikan pelatih menunjukkan Marsel di Deinze bukan sekadar pelengkap. Buktinya, pelatih Marc Grosjean berani memasang Marsel ketika timnya tertinggal 1-2. Padahal laga itu termasuk penting buat Deinze.

 

Kabar Marselino bakal segera dimainkan Deinze sudah didapat Harian Disway dari manajer Persebaya, Yahya Alkatiri awal pekan lalu. Saat itu Yahya Alkatiri baru saja mendapatkan kabar dari agen Marsel, Dusan Bogdanovic.

 

"Dusan mengatakan pada saya bahwa surat izin kerja Marsel sudah beres. Marsel itu selama ini belum dipasang oleh klub barunya bukan masalah apa-apa, hanya surat izin kerjanya belum keluar. Pelatih Deinze bilang ke agennya sudah tidak sabar ingin memainkan Marsel," kata Yahya saat itu.

 

Sebagaimana diketahui, Marsel sebenarnya masih punya kontrak dengan Persebaya hingga akhir musim. Namun dalam klausul kontrak itu, Marsel bisa meninggalkan Persebaya jika ada klub di Eropa yang menginginkan tenaganya. Itulah kenapa manajemen Persebaya masih terus memantau perkembangan Marsel.

 

Di Deinze, Marsel sebenarnya menghadapi persaingan ketat. Dalam skuad tim itu ada dua pemain lain dengan posisi asli gelandang serang. Usianya juga terbilang masih muda. Ada Alessio Staelens (Belgia, 28 tahun) dan Joachim Carcela-Gonzales (Belgia-Spanyol, 23 tahun). 

 

Selama ini Staelens kerap menjadi pilihan utama Grosjean. Staelens cukup produktif juga. Musim ini ia sudah membuat tiga gol dan dua assist. Sedangkan Joachim Carcela-Gonzales selalu masuk line upsebagai supersub. Lawan Jong Genk, Stalens juga dipasang sebagai starter. Pun demikian dengan Carcela.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: