Stop Lakukan 3 Hal ini Kalau Ingin Baterai HP Awet!

Stop Lakukan 3 Hal ini Kalau Ingin Baterai HP Awet!

Ilustrasi ponsel yang sedang diisi daya-Steve Johnson-pexels.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Siapa tidak mau baterai ponsel agar awet tahan lama? Terlebih bagi Anda yang dituntut untuk harus selalu siap-siaga dengan ponsel, baterai awet adalah hal yang sangat penting.

Banyak ponsel dengan kemampuan pengisian daya cepat (fast charging) dan kapasitas baterai yang besar dijual di pasaran.

Bisa jadi Anda akan membeli ponsel dengan fitur-fitur seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa bukan hanya kapasitas baterai besar yang menjadi faktor baterai ponsel Anda awet.

BACA JUGA:Kuasa Hukum AKBP Doddy Ngakak Dengar Teddy Minahasa Sebut Trawas Mojokerto

BACA JUGA:Efek Domino Mario Dandy: Kemenkeu Ungkap 69 Harta Pegawainya Tak Wajar

Apakah Anda memerhatikan bagaimana kebiasaan mengisi daya (charging) ponsel sehari-hari? Bisa jadi, kebiasaan itulah yang mengakibatkan daya baterai ponsel Anda melemah.

Sebagian pegguna mungkin tidak menyadari bahwa ada kebiasaan tertentu yang kurang tepat saat charging.

Kebiasaan charging yang kurang tepat itu bisa berdampak pada kemampuan baterai ponsel apabila dilakukan secara terus-menerus, seperti yang ditulis oleh Giz China.

Lantas, kebiasaan apa saja yang dapat menurunkan kemampuan dan ketahanan baterai ponsel?


Ilustrasi, iPhone 14-Victor Carvalho-Unsplash

1. Terlalu sering menggunakan fitur Fast Charging

Banyak ponsel keluaran 2020 ke atas dibekali dengan fitur pengisian daya cepat alias Fast Charging. Fitur yang sangat menarik dan fungsional terutama jika Anda adalah pekerja yang serba sibuk dan dikejar oleh waktu, sehingga tidak punya waktu banyak untuk mengisi daya ponsel.

Namun, kelemahan fitur Fast Charging dapat membuat suhu ponsel lebih panas. Semakin besar arus daya yang dialirkan, semakin cepat pula sebuah ponsel terisi penuh, sehingga semakin besar daya yang dihantarkan ke dalam sel baterai, semakin banyak pula panas yang dihasilkan.

Jika Anda ingin agar masa pakai baterai awet, gunakanlah fitur pengisian daya standar. Anda bisa menggunakan adaptor charger di bawah 40 watt untuk pemakaian sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: