KPU Surabaya Coklit ke Rumah Dahlan Iskan

KPU Surabaya Coklit ke Rumah Dahlan Iskan

Dahlan Iskan bersama Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi (kiri) dan petugas Pantarlih Lusiana. -Foto: Tomy C. Gutomo-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ada 2.237.682 pemilih di Surabaya pada Pemilu 2024. KPU Surabaya saat ini gencar melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) sekaligus pendaftaran ulang pemilih. 

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi dan tim panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih), Rabu, 1 Maret 2023, mendatangi rumah Dahlan Iskan di kawasan Ketintang Baru Selatan. "Mohon maaf kalau pemilu sebelumnya yang datang ketua KPU pusat, sekarang KPU Surabaya," ujar Nur Syamsi kepada Dahlan Iskan. 


Suasana coklit yang dilakukan KPU Surabaya di rumah Dahlan Iskan, Rabu pagi, 1 Maret 2023. -Foto: Tomy C. Gutomo-Harian Disway-

Pantarlih kemudian memeriksa e-KTP dan Kartu Keluarga Dahlan Iskan untuk dicocokkan dengan data yang ada di KPU Surabaya. Hanya ada dua pemilih di rumah tersebut, yakni Dahlan Iskan dan istrinya, Napsiah Sabri. 

Setelah dinyatakan cocok, Dahlan Iskan diminta menandatangani berita acara coklit. "Dengan ini Pak Dahlan Iskan sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024," ujar Lusi, petugas Pantarlih. 

"Horeeeeee," teriak Dahlan Iskan. 


Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi (dari dari kiri) melakukan coklit data pemilih di rumah Dahlan Iskan, Rabu, 1 Maret 2023.-Foto: Tomy C. Gutomo-Harian Disway-

Petugas Pantarlih kemudian menempelkan stiker di kaca depan rumah sebagai tanda bahwa penghuni rumah tersebut sudah didata oleh KPU. Ditempel tepat di atas stiker coklit Pemilu 2019. Ukuran stikernya pun sama persis. 

Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih ini akan berlangsung hingga 21 Juni 2023. Setelah itu, pada 29 Juli 2023-13 Desember 2023 dilakukan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu. Pemilu legislatif dan Pilpres sendiri digelar 14 Februari 2024. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: