Erick Thohir Batasi Pemain Naturalisasi, Persib Bandung Punya Tiga

Erick Thohir Batasi Pemain Naturalisasi, Persib Bandung Punya Tiga

Pemain naturlisasi Mark Klok saat berseragam Timnas--persib.co.id

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Rasa kekecewaan diungkapkan oleh para pemain naturlisasi Indonesia. Mereka mempertanyakan rencana pembatasan pemain naturlisasi maksimal satu pemain per klub.

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) ikut mempertanyakan wacana tersebut. Peraturan tersebut muncul setelah Sarasehan Sepakola Nasional yang di gelar PSSI di Surabaya, Sabtu 4 Maret 2023. Hasil dari acara tersebut adalah perencanaan Pembatasan pemain naturalisasi, penambahan kuota pemain asing, dan jadwal kompetisi sepakbola nasional tahun 2023/2024.

"PSSI mengambil posisi. Kalau bisa dan harus bisa, pemain naturalisasi hanya satu. Kalau tidak, kapan pemain Indonesia akan bermain?" kata Erick Thohir.

"Liga 2 juga bersepakat untuk menaikkan kelas dengan maksimal satu pemain naturalisasi. Jangan karena naturalisasinya mudah, tahu-tahu klub memiliki tujuh pemain naturalisasi di Liga 2," ungkap Erick Thohir.

BACA JUGA:Erick Thohir Wadul ke Kejagung: Korupsi di BUMN Sektor Keuangan

BACA JUGA:Gebrakan Erick Thohir di PSSI: Gandeng Kapolri Berantas Mafia Bola

Erick Thohir juga menyinggung soal regulasi kuota pemain asing di pentas sepak bola Indonesia. Kini aturan diterapkan tiga pemain asing plus satu dari ASEAN, alias 3+1. Akan tetapi, klub-klub Liga 1 mengusulkan penambahan slot pemain asing dengan skema 4+1.

"Mengapa pembatasan naturalisasi kami dorong menjadi satu, supaya jangan tiba-tiba sebelas orang yang bermain, ada lima pemain asing ditambah enam pemain naturalisasi," ungkap Erick Thohir.

"Artinya apa? Bukan orang kita semua. Iya kalau pemain naturalisasinya mau bermain untuk Timnas Indonesia. Makanya kami bikin batasan-batasan," ujar Erick.


Wawancara perdana Erick Thohir usai terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-3027-Tim Media Erick Thohir-

Regulasi itu tentu saja juga merugikan tim yang banyak diisi oleh pemain naturlisasi, seperti Persib Bandung. Pada kompetisi BRI Liga 1 tahun ini, mereka mempunyai tiga pemain naturalisasi, yaitu Marc Klok, Victor Igbonefo, dan Ezra Walian.

Berarti tahun depan tim berjulukan Pangeran Biru itu harus membuang dua pemain naturalisasinya musim depan.

BACA JUGA:Presiden FIFA Gianni Infantino Tahu Persis Kualitas Ketum PSSI Erick Thohir

BACA JUGA:PSSI dan Korporatisme Negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: