Rp 300 Triliun Ditanggapi Sri Mulyani

Rp 300 Triliun Ditanggapi Sri Mulyani

MAHFUD MD dan Sri Mulyani setelah konferensi pers tentang kasus dugaan aliran dana Rp 300 triliun yang tidak wajar di lingkungan Ditjen Pajak dan Bea Cukai, Minggu, 12 Maret 2023.-Kementerian Keuangan RI-

Tahun 2021: 599 pengaduan, 114 hukdis fraud.

Tahun 2022: 805 pengaduan, 98 hukdis fraud.

Ani: ”Jadi, 964 akumulasi jumlah pegawai yang diidentifikasi oleh kami Kementerian Keuangan, inspektorat jenderal, atau yang diidentifikasi oleh PPATK, dari surat-surat tersebut, kami telah melakukan tindak lanjut, semuanya.”

Jumlah pegawai Kemenkeu kini sekitar 74 ribu orang. Masih banyak yang benar meski jumlah yang diselidiki hampir seribu orang. 

Akhirnya, Ani keberatan dengan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD. 

Ani: ”Jadi, kami kalau Pak Mahfud memberikan impresi seolah-olah tidak ada tindak lanjut, kami ingin meluruskan sore hari ini. Seluruh surat dari PPATK yang dikirim ke kami, baik itu permintaan kami 185 atau yang merupakan inisiatif PPATK, semuanya ditindaklanjuti.”

Masyarakat kini demam antikorupsi. Khsusunya, sangat mencurigai pejabat yang pamer kekayaan. Masyarakat sangat sensitif tentang itu. Gegara perkara Mario menganiaya David. Lalu, merembet ke ayah Mario, Rafael Alun Trisambodo, yang rekeningnya senilai setengah triliun rupiah diblokir penyidik. Juga, uang Rp 37 miliar di safe deposit box, diblokir juga.

Ketika Mario menjalani rekonstruksi perkaranya, Jumat (10/3), warganet malah fokus ke sepatu Mario. Merek Nike Fly hitam seharga Rp 1,2 juta. Viral di medsos. Dikomentari ramai. ”Nggak kapok juga, masih pamer-pamer, dia.”

Ternyata, itu sepatu pinjaman milik polisi. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menjelaskannya. 

”Sepatu itu milik penyidik, dipinjamkan kepada Mario untuk menyesuaikan situasi peristiwa yang sebenarnya.” 

Pemilik sepatu adalah Bripka Hari. Ia ikut mengawasi jalannya rekonstruksi.

Sebab, waktu rekonstruksi, Mario pakai sandal. Sedangkan saat menginjak dan menendang kepala David di tanah, ia mengenakan sepatu hitam.

Saat rekonstruksi, Mario kelihatan menangis. Sebab, para penonton heboh mencemooh, teriak memaki, bahkan ada yang hendak memukul Mario. Di situ ia mungkin merasa bersalah. Dibanding ucapan Mario saat menganiaya David, mengatakan, ”Gak takut gue, anak orang mati, Ayo… laporin, an…g.”

Konon, Mario belum tahu bahwa bapaknya kini menunggu waktu penyelidikan KPK. Rafael belum tersangka. Tapi, sebagian asetnya sudah diblokir KPK. Sebaliknya, KPK masih bekerja keras sebelum menetapkan Rafael sebagai tersangka. 

Pastinya, Rafael dan penyidik KPK sama-sama dalam tekanan berat. Rafael sudah dituding publik sebagai koruptor. Sebaliknya, KPK sedang mencari bukti-bukti hukum yang membuktikan Rafael koruptor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: