Everything Everywhere All at Once Borong 7 Penghargaan di Oscars 2023

Everything Everywhere All at Once Borong 7 Penghargaan di Oscars 2023

Foto kru dan pemain EEAAO bersama 7 penghargaan Oscar 2023-twitter-@theacademy

LOS ANGELES, HARIAN DISWAY - Setelah memborong empat penghargaan di SAG Awards 2023, film Everything Everywhere All at Once (EEAAO) lagi-lagi berhasil meraih tujuh penghargaan sekaligus di Oscars 2023, 12 Maret 2023. Apa saja penghargaan itu?

 

EEAAO merupakan film fiksi sains penjelajahan karya sutradara Daniel Kwang dan Daniel Scheinert. Film itu di bawah naungan rumah produksi A24 yang menggandeng Jonathan Wang sebagai produser.

 

Berikut ini daftar penghargaan Everything Everywhere All at Once dalam Oscar Awards ke-95 2023:

 

1. BEST PICTURE AWARDS


Jonathan Wang ditemani oleh kru dan pemeran EEAAO di atas panggung-twitter-@letterboxd

 

Jonathan Wang naik ke panggung bersama kru, aktor, dan aktris. Ia menyatakan rasa terima kasihnya pada akademi dan mempersembahkan kemenangan itu pada sang ayah yang telah tiada. “Ayahku, seperti orangtua imigran lainnya, ia meninggal di usia muda dia pasti akan bangga padaku,” ucapnya sambil mengangkat trofi kemenangan itu.

 

BACA JUGA:Asia Makin Dominan, Everything Everywhere All at Once Rebut Empat Trofi di SAG Awards 2023

 

Penghargaan itu diraih setelah berhasil menyisihkan 9 film lainnya yaitu Elvis, All Quiet on The Western Front, Avatar: The Way of Water, The Fabelmans, Tár, Top Gun: Maverick, The Banshees of Inisherin, Triangle of Sadness, dan Women Talking.

 

2. BEST ACTRESS IN A LEADING ROLE


Michelle Yeoh menerima penghargaan aktris pemeran utama terbaik-AFP-Patrick T. Fallon

 

Michelle Yeoh kembali mendapatkan penghargaan akan perannya sebagai Evelyn Wang. Dia berhasil menggeser Cate Blanchett, Ana de Armas, Andrea Riseborough, dan Michelle Williams. Perempuan itu sebelumnya juga menerima penghargaan serupa di SAG Awards 2023.

 

BACA JUGA:Saking Emosionalnya, Michelle Yeoh Bilang Sh*t dan F*ck Panggung SAG Awards 2023

 

Dalam pidatonya, aktris berdarah Malaysia itu memotivasi para perempuan untuk tidak berhenti bermimpi. “Kepada para perempuan di luar sana, jangan biarkan siapapun berkata padamu bahwa masa jayamu telah habis,” tegasnya dalam pidato itu.

 

3. BEST SUPPORTING ACTOR


Ke Huy Quan terharu menerima Oscar pertama dan menunjukkan pada ibunya-youtube-Variety

 

Ke Huy Quan meraih penghargaan aktor pendukung terbaik setelah memerankan Waymond Wang. Ia menyampaikan pidatonya dengan penuh haru saat menyampaikan salam pada Ibunya di rumah.“Ibu! Aku baru saja memenangkan Oscar!” ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

 

BACA JUGA:Pidato Penuh Haru Ke Huy Quan di Oscars 2023, Ibu, Saya Menang!

 

Aktor kelahiran 1971 itu berhasil menggeser Brendan Gleeson, Brian Tyree, Judd Hirsch, dan Barry Keoghan dalam nominasi itu.

 

4. BEST SUPPORTING ACTRESS


Jamie Lee Curtis terharu saat menerima penghargaan Oscar-twitter-@thewrap

 

Itu persembahan bagi ayah-ibunya. Jamie Lee Curtis dalam pidato itu menyambut penghargaan aktris pendukung terbaik dengan mewakilkan semua orang yang terlibat dalam proyeknya. Ia terharu karena ayah-ibunya belum pernah menerima oscar, hanya sebatas nominasi. Penghargaan itu ibarat perwakilan untuk orangtuanya juga.


Perannya sebagai Deirdre Beaubeirdre mengalahkan Angela Bassett, Hong Chau, Kerry Condon, dan Stephanie Hsu dalam nominasi Best Supporting Actress.

 

BACA JUGA:Oscar Pertama Jamie Lee Curtis Setelah 45 Tahun Berkarir di Hollywood

 

 

5. BEST FILM EDITING


Paul Rogers bahagia saat di balik panggung Oscar 2023-youtube-Oscars

 

Itu merupakan film ke-2 dari selama karir Paul Rogers sebagai editor. Ia sangat terkejut saat dirinya terpilih mendapatkan penghargaan editing film terbaik oscar 2023. Editor asal Amerika itu mengalahkan Mikkel E.G Nielsen, Matt Villa-Jonathan Redmond, Eddie Hamilton, dan Monika Willi.

 

6. BEST DIRECTING


Duo Daniel berbahagia di atas panggung atas penghargaannya-twitter-@thereel_in

 

Duo Daniel atau Daniel Kwan dan Daniel Scheinert meraih penghargaan penyutradaraan terbaik dalam Oscars 2023. Dalam pidato mereka, Scheinert menyatakan rasa syukur pada orangtuanya. “Ayah-Ibu, terima kasih dulu tidak menghalangi kreativitasku bahkan saat aku membuat film horor disturbing atau komedi kotor,” ucapnya pada para hadirin.

 

Nominasi itu dihiasi oleh Martin McDonagh, Steven Spielberg, Todd Field, dan Ruben Östlund.

 

BACA JUGA:Everything Everywhere All at Once Berjaya di SAG Awards, Ini Daftar Lengkap Pemenangnya

7. BEST WRITING ORIGINAL SCREENPLAY


Daniel Kwan melompat dengan bahagia di balik panggung setelah menerima penghargaan skenario terbaik Oscar 2023-twitter-@theacademy

 

Lompatan bahagia oleh Daniel Kwan sesaat setelah ia menerima penghargaan skenario original terbaik dalam Oscars 2023. Ia menceritakan pengorbanan ibunya dalam penulisan skenario EEAAO itu.

Nominasi Best Writing (Original Screenplay) dihiasi oleh Martin McDonagh, Steven Spielberg & Tony Kushner, Todd Field, dan Ruben Östlund.

 

Demikian daftar penghargaan yang diborong oleh Everything Everywhere All at Once dalam acara bergengsi Oscar Awards ke-95 2023. Kira-kira EEAAO akan mendapatkan penghargaan apa lagi ya nanti? (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: