Plt Menpora Dijabat Muhadjir Effendy, Reshuffle di Depan Mata

Plt Menpora Dijabat Muhadjir Effendy, Reshuffle di Depan Mata

Zainuddin Amali (kanan) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, yang menjadi venue Piala Dunia U-20. -FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Zaninuddin Amali sudah bukan menteri pemuda dan olahraga (menpora) lagi. Ia akan fokus mengelola sepak bola dengan posisi sebagai wakil ketua umum PSSI. Jadi sudah tidak perlu ada kekhawatiran lagi terjadi konflik kepentingan di tubuh kemenpora. Atau tidak perlu lagi ada yang berandai-andai wakil ketua umum PSSI (Zainuddin Amali) menghadap menpora (Zainuddin Amali). 

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Sekretariat Negara dan tadi saya sudah menyetujui," kata Jokowi usai meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu, Kesiman Kertalangu, Denpasar, dikutip YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 13 Maret 2023.


Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan terkait persetujuan atas pengunduran diri Zainuddin Amali sebagai menpora.-FOTO: BPMI SETPRES-

Jokowi memang meminta Amali untuk fokus mengurus sepak bola Indonesia. Terutama setelah resmi menjabat sebagai wakil ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. 

Untuk sementara, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy untuk mengisi jabatan menpora. "Plt-nya Pak menko PMK," katanya.

BACA JUGA:Jokowi Dapat Momentum Reshuffle Kabinet

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah mengetahui kabar resmi tersebut. Ia telah menyiapkan sosok pengganti sesama kader Golkar. Namun, Airlangga juga enggan menyebut nama. "Tapi, ya tergantung, kita tunggu saja dari Pak presiden," ujar Airlangga di kantor DPP Partai Golkar kepada para wartawan. 

Zainuddin Amali langsung memerankan diri sebagai pimpinan PSSI. Ia mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya untuk venue Piala Dunia U-20 2023.

"Hari ini, saya terus terang terharu karena dilaporkan pemerintah daerah dan pusat dua bulan terakhir melakukan misi yang tidak mudah. Mempersiapkan secara serius Piala Dunia U-20," jelas Erick Thohir kepada wartawan.

Ia menilai Stadion GBT menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Renovasi lapangannya maksimal. Pun fasilitas dan infrastruktur pendukungnya. Erick pun berterima kasih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.


Kesiapan Stadion GBT menyambut Piala Dunia U-20 ditinjau oleh (dari kiri) Anggota Exco PSSI Ahmad Riyadh, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan Zainuddin Amali, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR-FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

Sebelumnya, Stadion GBT menang mendapat catatan jelang persiapan Piala Dunia U-20. Di antaranya seperti seperti jalur disabilitas, area jurnalis, tribun VIP, dan juga lahan parkir. 

Dalam dua bulan belakangan, Pemkot Surabaya bersama Kementerian PUPR sudah memperbaiki secara maksimal. 

Akses disabilitas dipindah. Yang sebelumnya di gate 9 hingga 10 dan gate 13-14 akan dipindah ke gate 1. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: