Road Show Perdana Surabaya Tourism Awards, Dahlan Iskan ke SWK Wiyung

Road Show Perdana Surabaya Tourism Awards, Dahlan Iskan ke SWK Wiyung

SWK Wiyung jawara STA 2023 kategori toilet terbersih.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  Surabaya Tourism Awards (STA) 2023 memasuki tahap road show hari ini, 1 April 2023. Founder Harian Disway Dahlan Iskan bakal membuka road show ke 20 SWK terbaik itu di Wiyung.

Dari penilaian dewan juri, Sentra Wisata Kuliner (SWK) Wiyung masuk peringkat 5 besar yang nilainya lebih dari 80 poin. SWK tersebut dibangun di era Wali Kota Tri Rismaharini.

Desainnya mirip dengan Taman Mozaik di dekat SWK itu. Indah. Cahaya matahari menembus kaca warna-warni di dinding SWK. Tempat tersebut sebenarnya bekas rumah dinas lurah yang tak dipakai. Pemkot ”menyulapnya” jadi SWK untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Surabaya Barat.

Road show bakal berlangsung hingga 15 April. Selain Dahlan Iskan, Wali Kota Eri Cahyadi dan pimpinan DPRD Surabaya bakal ikut turun melihat SWK terbaik itu.

Beberapa pejabat pemkot sudah menjadi pelanggan setia SWK. Salah satunya Sekretaris Daerah (Sekda) M. Ikhsan.  ”Kalau saya langganan di SWK Dharmawangsa. Kamu harus coba gule kambingnya juga,” ujar mantan kepala Dispendik Surabaya itu dalam rapat STA 2023 di balai kota, Jumat, 31 Maret 2023.


Menu makanan di SWK Wiyung yang bakal didatangi Founder Harian Disway Dahlan Iskan Hari Ini, 1 April 2023. Elvina Talitha_Harian Diswayyang disajikan kepada juri di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Wiyung, Surabaya, Jawa Timur. 21 Maret 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

Ikhsan mengatakan bahwa ada banyak potensi yang bisa digali di SWK. Cuma, masyarakat terkadang belum tahu keberadaan hidden gem Surabaya itu.

Ada enam menu makanan yang dilombakan di STA 2023: rawon, soto, bebek, rujak cingur, tahu campur, dan tahu tek. Sangat mungkin tahun depan jumlah menu yang dilombakan bisa lebih banyak.

Ada banyak kuliner yang kurang diketahui masyarakat. Misalnya, mi kluntung. Makanan khas Surabaya itu sering disalahartikan sebagai mi Jawa.

Banyak juga minuman khas yang ditemukan dewan juri saat penjurian 20-21 Maret lalu. Misalnya, Es Misuh di Jambangan hingga Es Bonek di Manukan Lor. 

Selama road show, Universitas Ciputra (UC) juga bakal memberikan kelas memasak singkat kepada pedagang SWK. Selain itu, tim Tourism-Culinary Business UC mengajarkan bagaimana mengemas makanan yang menarik. 

Bagi warga Surabaya yang ingin merasakan sensasi kuliner SWK, monggo segera ke sentra kuliner terdekat demi kebangkitan UMKM. Jangan lupa posting di media sosial dan sebarkan menu favorit Anda. (Salman Muhiddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: