Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 14): Masjid Baitul Hidayah, Sidoarjo; Wadah Upgrading Remaja

Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 14): Masjid Baitul Hidayah, Sidoarjo; Wadah Upgrading Remaja

Bagian depan bangunan Masjid Baitul Hidayah di Perumahan Mutiara Regency, Sidoarjo, yang tampak megah dengan dua pilar menjulang di kanan kirinya.-Andika Bagus Priambodo-Harian Disway

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Di lingkungan perumahan Mutiara Regency, Sidoarjo berdiri sebuah masjid yang mungil namun asri dan sejuk. Didukung  lokasinya yang  berada di pojok kawasan perumahan. Posisinya jauh dari lalu lalang kendaraan. Di ujung barat perumahan elit itulah bangunan Masjid Baitul Hidayah itu berdiri. Sejak 2014.

Sejatinya, lokasi Masjid Baitul Hidayah kebanggaan warga Perumahan Mutiara Regency itu mudah sekali ditemukan. Dari pintu masuk perumahan, bisa langsung mengambil jalur ke selatan. Hanya berjarak seratus meter sudah ketemu bundaran kecil. Belok saja ke kanan, tinggal mengikuti jalan. Di ujung jalan bagian barat perumahan itulah masjid itu berdiri.

Bentuk dan ukurannya memang kecil. Hanya menampung 80 jemaah di ruang dan teras masjid. Tetapi lahan masjid yang begitu luas masih bisa dimanfaatkan. Masih bisa menampung ratusan jemaah lagi. Meski mungil, tak menyurutkan semangat pengurus masjid terus menggebu dapat memakmurkan masjid.

Nah, para pengurus masjid pun terus melakukan inovasinya. Mereka meramaikan masjid itu dengan menggelar berbagai kegiatan keislaman. Yang rutin digelar adalah kajian Islam. Yang rutin diikuti internal warga perumahan. Pengurus masjid sudah menjadwalkan kajian bagi warga setiap Minggu. "Kalau khusus ibu-ibu, jadwalnya dirutinkan satu bulan sekali," ujar Nur Hatim, ketua Takmir Baitul Hidayah.


Masjid Baitul Hidayah dilengkapi dengan sisi mihrab yang indah dengan dinding keramik dua warna. -Andika Bagus Priambodo-Harian Disway

Selama sembilan tahun berdiri, lima tahun pengurus masjid berjuang meramaikan masjid. Ya, karena tahun-tahun berikutnya  pagebluk Covid-19 menyerang. Selama lima tahun sebelumnya itu, takmir masjid fokus menggelar banyak kegiatan untuk anak-anak dan remaja. "Mereka adalah generasi yang nanti penerus memakmurkan masjid," kata Hatim. 

Karena itu, pengurus masjid terus berfokus pengembangan jemaah remaja, dan memotivasi jemaah anak-anak gemar ke masjid. Dengan demikian, regenerasi dalam kepengurusan masjid terus terpenuhi. "Kami selalu libatkan mereka untuk ikut berpartisipasi setiap ada momentum di hari besar Islam. Mereka kita ajarkan pelan-pelan," kata Hatim. 

Dicontohkan Hatim, seperti dilibatkan dalam acara memeriahkan hari Maulid Nabi. "Jadi semua yang menyemarakkan itu adalah remaja dan anak-anak. Mulai dari kebagian MC itu anak-anak, mengisi penampilan juga anak-anak, pun pengisi sesi pembacaan kitab suci atau qiroati juga diisi oleh jemaah anak-anak," terang Hatim. "Kalau untuk sesi ceramah tentu dari tamu ya," lanjutnya.

Hatim menyadari bahwa lingkungan perumahan banyak dihuni oleh kalangan masyarakat berusia produktif antara 30 hingga 45 tahun. Banyak dari kalangan keluarga muda. Anak-anak mereka pun masih kecil-kecil. Seiring bertambahnya usia anak-anak mereka,  pengurus masjid berinovasi lagi untuk mengisi kegiatan di masjid.


Bagian dalam Masjid Baitul Hidayah dengan hamparan karpet hijau yang bisa menampung sekitar 80 jamaah.-Andika Bagus Priambodo-Harian Disway


Tempat wudu masjid yang sangat bersih sehingga menjamin kesucian jemaah yang hendak salat di sini.-Andika Bagus Priambodo-Harian Disway

Belakangan, pengurus Masjid Baitul Hidayah banyak bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan. Salah satunya adalah dengan Rumah Ilmu Sidoarjo. Mereka diminta untuk memberikan edukasi kepada jemaah remaja dan anak-anak tentang memanfaatkan teknologi digital dengan berbagai aktivitas yang positif.

"Kami ingin menumbuhkan potensi anak-anak sesuai zamannya. Salah satunya berwawasan dengan teknologi digital tersebut. Sehingga selain mereka mendapat wawasan, juga sebagai wadah mengontrol anak salah memanfaatkan kemajuan teknologi," terang Hatim.

Dengan demikian pemupukan generasi penerus masjid dapat semakin berkembang. Menyesuaikan zamannya. "Siapa pun dari mereka yang memiliki potensi atau bakatnya akan kita dukung dengan segala kemampuan kami pengurus masjid," tandas Hatim. (Eko Setyawan)

Indeks: Masjid Al Ichsan, Perumahan Pondok Mutiara, Sidoarjo BACA BESOK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: