Hasil SPAN-PTKIN 2023 Diumumkan, UIN Sunan Kalijaga Terfavorit.

Hasil SPAN-PTKIN 2023 Diumumkan, UIN Sunan Kalijaga Terfavorit.

FAVORIT: Laboratorium Agama Kampus UIN Sunan Kalijaga. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini menjadi yang tujuan terfavorit perserta SPAN-PTKIN tahun 2023-Foto : Website UIN Sunan Kalijaga-

SEMARANG, DISWAY.ID—Kementerian Agama mengumumkan hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Senin (3/4/2023).

Ketua Panitia SPAN PTKIN Imam Taufiq mengatakan, total ada 75.362 siswa yang dinyatakan lulus seleksi. “Alhamdulillah, seluruh tahapan SPAN PTKIN selesai. Hari ini diumumkan ada 75.362 siswa yang mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi. Mereka berhak kuliah di sejumlah PTKIN yang dipilih,” terang Imam Taufiq di Semarang, Senin (3/4/2023).

BACA JUGA:Anak Ma’ruf Amin Jadi Profesor di Unesa

Hasil SPAN-PTKIN tahun ini menempatkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai kampus islam terfavorit dengan peminat terbanyak. Disusul UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Gunung Jati Bandung.  

Imam mengatakan, jumlah peserta yang lolos seleksi tahun ini lebih banyak dibanding pada SPAN PTKIN 2022. Saat itu, ada 73.944 siswa yang dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN.

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA:Baranusantara ITS Targetkan Juara di Ajang IRC Internasional Amerika Serikat

Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Menurut Imam Taufiq yang juga menjabat Rektor UIN Walisongo Semarang , peserta yang dinyatakan lulus seleksi bisa langsung melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Imam menambahkan, setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: