Kabar Gembira! Diskon Tol 20 Persen Bagi Para Pemudik, Berlaku Untuk Perjalanan Terjauh

Kabar Gembira! Diskon Tol 20 Persen Bagi Para Pemudik, Berlaku Untuk Perjalanan Terjauh

Korlantas Polri mengalihkan arus lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek sebagai imbas pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.-Foto : Jasa Marga-

JAKARTA, HARIAN DISWAYJasa Marga bagi-bagi kortingan tarif tol bagi para pemudik pada masa libur lebaran 2023. Sementara berlaku untuk para pemudik yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari ujung ke ujung. 

Besaran diskon tol tersebut adalah 20 persen dari tarif normal dan hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung. 

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. 

BACA JUGA:Jalur Pantai Selatan Jatim Sudah Bisa Dilewati untuk Mudik

BACA JUGA:Nadiem Cegat Pelantikan Rektor

BACA JUGA:Setelah Menonton Film John Wick 4: Aksi Yang Memukau, Tapi Kok..

Diskon diberikan pada tanggal-tanggal tertentu sebelum maupun sesudah puncak arus mudik/balik. Diskon juga hanya berlaku untuk pembayaran dengan uang elektronik (kartu e-toll)

“Tujuannya untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama tanggal-tanggal yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri,” jelas Subakti (5/42023) 

Ia memaparkan Kami memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, yaitu sebesar 138 ribu kendaraan atau mengalami kenaikan hingga 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal (54 ribu kendaraan) atau naik 2 persen dari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 yang mencapai 135 ribu kendaraan. 

BACA JUGA:Dukung Angkutan Lebaran 2023, Balai Yasa Surabaya Tingkatkan Perawatan Kereta Api

Sementara itu, untuk puncak arus balik, pihaknya memprediksi terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023, yaitu sebesar 178 ribu kendaraan. Jumlah ini meningkat drastis hingga 237 persen dibandingkan kondisi normal yakni 53 ribu kendaraan. 

Jumlah arus balik ini juga lebih tinggi 5 persen dari Puncak Arus Balik Lebaran 2022 yang mencapai 170 ribu kendaraan. “Berdasarkan inilah, diskon tidak diberikan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” ujar Subakti.

BACA JUGA:Series Jejak Naga Utara Jawa (53) : Setia Membatik Sampai Tua

Subakti berharap diskon tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik lagi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: