Panas! Hamas Tembakkan Puluhan Roket, Israel Balas dengan Serangan Udara.

Panas! Hamas Tembakkan Puluhan Roket, Israel Balas dengan Serangan Udara.

MEMANAS: Asap membumbung dari titik yang diduga menjadi sasaran serangan roket Hamas di Kota Shlomi, perbatasan Israel Lebanon pada Kamis (6/4/2023). Kondisi memanas setelah keributan di Masjidil Aqsa pada Rabu malam.-Tangkapan Layar : AFP-

HARIAN DISWAY – kericuhan yang terjadi antara warga Palestina dan aparat Kepolisian Israel di Masjid Al-Aqsa sejak Rabu, 5 April 2023, berbuntut panjang. Sejak Jumat (7/4) dini hari, langit jalur Gaza dan wilayah-wilayah Lebanon bagian selatan memerah akibat saling balas serangan antara Israel dan Milisi Hizbullah.  

Dilansir dari AFP, Hamas dilaporkan menembakkan puluhan roket ke wilayah Israel. Ini adalah serangan terbesar sejak perang 34 hari Israel- Hizbullah tahun 2006. Ini juga pertama kalinya Israel terpaksa melancarkan serangan ke wilayah teritori Lebanon. 

BACA JUGA:Series Jejak Naga Utara Jawa (58) : Bertahan Hidup Lewat Nasi Jamblang

BACA JUGA:Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki 12 Napi Remaja

Otoritas Israel mengklaim bahwa sebagian besar serangan roket tersebut berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome. Sejauh ini, diketahui 25 roket telah berhasil dicegat. Sementara 5 lolos dan menghantam wilayah Israel. 

Sepanjang Kamis (6/4/2023) saja, total 30 roket telah ditembakkan ke wilayah Israel. 

Sebagai balasannya, Israel melancarkan serangan udara ke wilayah selatan Lebanon utamanya provinsi Tyre. Serangan juga dilancarkan pada wilayah Jalur Gaza. Dimulai pada pukul 4 pagi waktu setempat. 

Israel mengklaim bahwa serangan tersebut ditujukan pada kantong-kantong milisi Hamas, depot amunisi dan gudang persenjataan. “Serangan berhasil mengenai beberapa target termasuk ‘infrastruktur teror’ milik organisasi teror Hamas di Lebanon bagian selatan.” Jelas salah satu petinggi militer Israel sebagaimana dikutip AFP. 

BACA JUGA:Siskamling Laut, Tangkap Enam Kapal Nelayan Ilegal di Natuna dan Sulawesi

BACA JUGA:Basuhlah, Terima, dan Bangkitlah Bersama

Ketegangan terus meningkat paska insiden di dalam Masjid Al-Aqsa atau wilayah yang disebut oleh Umat Yahudi sebagai ‘Temple Mount’. Dimana wilayah tersebut ramai didatangi oleh kaum muslim yang sedang melaksanakan ibadah Ramadan. 

Sementara pada waktu bersamaan, orang-orang Yahudi juga datang dalam rangkaian peringatan Paskah Yahudi (Passover). Ketegangan di dalam masjid memicu intervensi dari polisi Israel sehingga pecah keributan. 

Satu orang warga Israel dilaporkan terluka terkena serpihan proyektil saat bergerak menuju tempat pengungsian. Sementara di pihak Palestina, Rumah Sakit Anak Al-Dorra di jalur Gaza menderita kerusakan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: