Katanya Pintar, Taksi Robot Nyangkut di Pita Pembatas

Katanya Pintar, Taksi Robot Nyangkut di Pita Pembatas

Taksi robot yang tersangkut kabel dan menyebabkan kemacetan di San Francisco.-TWITTER @POPRAG VIA CNBC-

SAN FRANCISCO, HARIAN DISWAY – Ternyata, taksi robot, mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa pengemudi itu, belum pintar-pintar amat. Setidaknya, ini yang tampak di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu, 22 Maret 2023. Dua taksi robot yang dioperasikan Cruise bikin macet. Mobil yang dikemudikan kecerdasan buatan itu gagal mendeteksi adanya pita pembatas jalan. Jadinya, nyangkut.

 

Insiden itu dipotret oleh John-Phillip Bettencourt lewat akun Twitter-nya. Lelaki dengan nama akun @PopRag tersebut melaporkan kejadian yang berlangsung pukul 13.45 waktu setempat tersebut.

 

Awalnya, lalu lintas di San Francisco memang agak kacau. Ada badai. Sehingga, pohon tumbang di dua ruas jalan. Yakni di Jones and Clay serta Polk and Clay.

 

BACA JUGA : Sudah Dikremasi 2014, Lansia Ini Pulang Kampung

 

Dinas Pemadam San Francisco pun menutup jalan. Agar pengendara tidak melewati dua jalan itu. Menutupnya memakai pita semacam police line.

 

Nah, pita itulah yang tidak bisa dideteksi oleh dua taksi robot yang sedang berjalan tanpa siapa pun di dalamnya tersebut. Akibatnya, salah satu mobil tersangkut. Bagian sensornya, yang ada di ’’atap’’ mobil nyantol pada pita. Mobil pun berhenti. Mobil robot satunya ikut mandek. Mobil lain pun tak bisa melaju. Jalan tertutup oleh dua mobil robot yang sedang kebingungan itu.

 

Unggahan dari Bettencourt segera ditanggapi oleh Cruise. Lewat akun Twitter resminya, Cruise mengatakan bahwa ada beberapa mobil yang bisa mendeteksi pohon tumbang dan kabel listrik.

 

’’Kami segera mengirim tim untuk membebaskan kendaraan itu,’’ tulis pernyataan resmi Cruise.

 

Unit mobil pintar itu sudah dikembangkan di San Francisco salam dua tahun terakhir ini. Cruise pun sudah siap melebarkan sayapnya ke berbagai negara bagian.

 

Bettencourt mengaku tak ingin menyerang Cruise. Ia hanya ingin membagikan kejadian unik itu lewat akun Twitter. Bagaimana? Apakah Indonesia sudah siap punya mobil umum tanpa pengemudi? Di tengah kemacetan dan halangan jalan di negeri ini yang kadang gila-gilaan? (Dave Yehosua Tiranda Bongga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: