Ironi Makna Thrifting

Ironi Makna Thrifting

Tangkapan layar video klip Thrift Shop oleh Macklemore-YouTube-

I'm gonna pop some tags

Only got twenty dollars in my pocket

Ah, ah I'm huntin' lookin' for a come up

This is f***ing awesome!

___

Lantunan sajak jenaka namun mengena dari Macklemore tiba-tiba saja menggema dari speaker butut warisan Ayah. Kurang lebih lagu tersebut menceritakan seseorang yang sedang bokek namun ingin belanja. Seperti judulnya, dengan mengantongi uang setara Rp 200.000 si orang yang dimaksud memutuskan untuk belanja barang utamanya pakaian bekas alias thrifting.

Ngomong-ngomong soal thrifting jadi ingat, sebulan terakhir terdengar lantang gaung larangan menjual barang impor bekas seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021.

Pada 21 Maret 2023 lalu, Presiden Jokowi memberikan perintah pemberantasan pakaian bekas impor yang dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri di Pasar Senen Blok III Jakarta Pusat dan sejumlah lokasi lain yang terindikasi sebagai gudang barang bekas impor.

Larangan tersebut lantas menuai pro dan kontra. 

Kubu Pro berpendapat larangan tersebut dapat berimbas pada kesejahteraan industri tekstil dalam negeri. Lain kubu Kontra menilai larangan tersebut justru mematikan ekonomi rakyat kecil. Nyatanya, yang menjajakan pakaian bekas impor juga rakyat kecil sama halnya pekerja industri tekstil. Hayo loh, mana yang bener?


Penulis: Radinka Daynara

Benar tidaknya tiap kubu, yang perlu disoroti adalah makna dari kata thrifting. Dalam kamus besar Bahasa Inggris manapun kata thrifting sejatinya tidak ada. Yang ada adalah kata thrift yang berarti berhemat agar tidak boros seperti yang tercantum dalam Merriam-Webster. Coba deh cari kata thrifting, berani jamin tidak akan ketemu di kamus-kamus resmi!

Lalu dari mana datangnya kata thrifting? Tidak ada yang tahu tetapi bisa ditarik kesimpulan kata thrift mengalami modifikasi dari kata thrift dan imbuhan -ing (gerund) sehingga kata yang asalnya adalah kata benda (noun) menjadi kata kerja (verb). Semacam licentia poetica dalam kehidupan sehari-hari, bukan?

Itu secara etimologi, bagaimana dengan terminologi kata thrifting itu sendiri? Sejauh ini makna kata thrifting diterjemahkan sebagai kegiatan membeli pakaian bekas yang masih bagus dan murah. Tidak benar-benar melenceng namun melihat fakta lapangan, kegiatan thrifting sudah berbeda dari arti kata thrift yang sesungguhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: