Geliat Bangun Kota Reog: Ubah Desain Monumen Peradaban (2)

Geliat Bangun Kota Reog: Ubah Desain Monumen Peradaban (2)

Taman Ragam Selaras karya arsitek Ar. Bramana Ajasmara Putra. Dengan tim Made Aryatirta Predana, Kadek Yuda Pramana, Putu Dharma Putra, Freddy yang menang sayembara desain Monumen Peradaban Reog Ponorogo.-Pemkab Ponorogo-

Wisata air atau water boom memang sangat diperlukan karena kawasan gunung gamping itu sangat panas. Para pekerja sudah hafal jam-jam terpanasnya: pukul 11.00 hingga 13.00. Nyaris tak ada angin yang lewat. 

Proyek multiyears senilai Rp 85 miliar itu didanai APBD 2022 hingga 2024. Namun, duit itu hanya cukup untuk membangun proyek tahap awal. Perlu investasi besar agar kawasan wisata peradaban itu bisa lebih cepat.


Desain awal Monumen Reog Ponorogo.-Pemkab Ponorogo-

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim turut membantu. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendorong monumen itu masuk ke Proyek Strategis Nasional (PSN) dan dimasukkan ke revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019.

Syaratnya, Sugiri harus presentasi ke Bappenas dan Menko Perekonomian untuk memastikan pemerintah pusat mau membantu. Namun duit pemerintah saja belum cukup. Sugiri sudah ngobrol dengan calon investor agar mimpi rakyat Ponorogo itu lebih cepat terwujud.

Soal perubahan desain itu, Sugiri mengatakan bahwa faktor keamanan sangat diprioritaskan. Ia ingin monumen itu bertahan ratusan tahun. Kalau salah perhitungan, mimpi mulia itu bisa jadi bencana. Tak ada yang mau itu terjadi. (Salman Muhiddin, bersambung)

Jejak Manusia Purba di Sampung , BACA BESOK!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: