Cheng Yu Pilihan Ketua Kadin Surabaya M. Ali Affandi L.M.N: Shang Shan Ruo Shui

Cheng Yu Pilihan Ketua Kadin Surabaya M. Ali Affandi L.M.N: Shang Shan Ruo Shui

Cheng Yu Ali Affandi--

SELAIN banyak berbicara mengenai kemanusiaan, filsafat Tiongkok juga menitikberatkan pembahasannya pada permasalahan moral. 

Bagaimana pemimpin mesti bersikap kepada rakyatnya dan sebaliknya, bagaimana orang tua mesti bersikap kepada anaknya dan sebaliknya, bagaimana guru mesti bersikap kepada muridnya dan sebaliknya, bagaimana yang tua mesti bersikap kepada yang muda dan sebaliknya ... adalah pokok bahasan para filsuf Tiongkok dari pelbagai aliran. 

Taoisme, misalnya. Kendati merupakan satu-satunya aliran filsafat Tiongkok yang paling banyak mengelaborasi tentang hal-hal yang bersifat transendental, tetapi tetap memberikan porsi yang sangat besar terhadap perkara-perkara yang berurusan dengan (akhlak) manusia. 

Tengok saja, salah satunya, di bab 8 kitab Tao Te Ching. Di sana, Lao Tzu, founder Taoisme, menyatakan bahwa "sebaik-baiknya budi pekerti, adalah yang seperti air" (上善若水 shàng shàn ruò shuǐ).

Kenapa begitu? Sebab, terang Lao Tzu, "Air menghidupi segala mahluk tanpa mencari untung. Air rela bermuara di tempat yang banyak orang tak suka" (水善利万物而不争,处众人之所恶" (shuǐ shàn lì wàn wù ér bù zhēng, chù zhòng rén zhī suǒ wù). 

Karena itulah, menurut Lao Tzu, manusia mestinya bisa "menempatkan diri dengan rendah hati, menggunakan hatinya dengan tenang, menyelesaikan persoalan dengan welas asih, bertutur kata dengan tulus dan dapat dipercaya, berpolitik dengan bijaksana, mengerjakan tanggung jawabnya dengan penuh dedikasi, bergerak di waktu yang tepat" (居善地、心善渊、与善仁、言善信、政善治、事善能、动善时 jū shàn dì, xīn shàn yuān, yǔ shàn rén, yán shàn xìn, zhèng shàn zhì, shì shàn néng, dòng shàn shí).

Lao Tzu berharap, dengan berlaku demikian, tak akan ada lagi pertikaian di antara manusia ke depan.

Dan, selama ini, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya M. Ali Affandi menjadikan petuah-petuah Lao Tzu tersebut sebagai pedomannya dalam bermasyarakat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: