H-2 Lebaran Puncak Arus Mudik Bandara dan Pelabuhan

H-2 Lebaran Puncak Arus Mudik Bandara dan Pelabuhan

Calon penumpang mengantre untuk check in di Bandara Internasional Juanda.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Masyarakat sudah bisa mulai mudik, kemarin. Waktu yang paling ideal hingga Senin, 17 April nanti. Mengingat pada Rabu, 19 April 2023, sudah memasuki masa cuti bersama. Tentu jalanan dan tempat-tempat transit transportasi umum bakal lebih padat.

Sebagaimana yang dijelaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kepadatan penumpang terjadi pada H-1 cuti bersama. Tepatnya Selasa, 18 April 2023.  “Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silakan mudik lebih awal mulai hari ini," ujar mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu saat konferensi pers di Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

Kementerian Perhubungan terus mengupayakan berbagai cara untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan. Supaya perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity (V/C) Ratio bisa tetap di bawah angka 1. Yang artinya jalanan masih lancar.

BACA JUGA:Puncak Mudik H-2, Penumpang Kapal Wajib Booster

Apalagi, kata Budi, pemerintah telah memajukan masa cuti bersama menjadi 19-25 April 2023. Tentu agar ada tambahan hari yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan lebih awal. Tidak mepet dengan hari H Lebaran.

Menurutnya, yang harus diminimalkan adalah penumpukan penumpang. Maka persiapan harus lebih ekstra. Baik di terminal, stasiun, pelabuhan, hingga bandara.

Bandara Internasional Juanda pun menentukan masa Angkutan Lebaran selama 19 hari. Mulai hari ini, Jumat, 14 April, hingga 2 Mei 2023. Bahkan, jam operasional pelayanan akan dibuka 24 jam khusus periode 18 hingga 30 April 2023. Dan akan kembali normal mulai 1 Mei 2023. 

Semua penyesuaian ini dilakukan untuk menghindari penumpukan penumpang. Apalagi, Bandara Juanda di lingkup PT Angkasa Pura (AP) I selalu menjadi bandara yang tersibuk. Menyusul kemudian Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali; Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan; Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin; dan Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan, penambahan hari libur Lebaran akan membuat animo masyarakat Indonesia untuk mudik di tahun ini lebih tinggi. Apalagi kini mayoritas masyarakat telah menerima vaksin booster. Sehingga pesawat akan banyak diminati untuk perjalanan mudik.

Prediksinya, kenaikan jumlah penumpang akan mulai terlihat hari ini. Dan titik puncak arus mudik terjadi pada H-3. Total penumpang Angkutan Lebaran kali ini diperkirakan mencapai 772.145 orang.

Jumlah itu naik 18 persen dari Angkutan Lebaran 2022 yang mencapai 656.817 orang. Dengan puncak pergerakan penumpang sejumlah 42 ribu orang pada Rabu, 19 April nanti.

Begitu pula dengan pergerakan pesawat. Diperkirakan tembus 5.439 pergerakan atau meningkat 16 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 4.694 pergerakan pesawat. Juga dengan jumlah tertinggi sekitar 294 pergerakan pesawat pada Rabu nanti.

"Sampai saat ini ada empat maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan atau extra flight," lanjut Sisyani dalam keterangan resminya. Yaitu  Air Asia, Lion Air, Pelita Air, dan Super Air Jet. Semuanya penerbangan domestik untuk rute Bali, Balikpapan, Jakarta, dan Banjarmasin dengan total 210 penerbangan. Baik yang tiba maupun berangkat.

Tentu, lonjakan penumpang itu bakal diantisipasi. Manajemen Bandar Udara Internasional Juanda akan membuka Posko Angkutan Udara Lebaran di lobby Terminal 1 (T1) dan Terminal 2 (T2). Guna membantu petugas bandara dalam memantau arus mudik dan balik pada momentum libur Lebaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: