Lonjakan Penumpang Mulai Hari Ini

Lonjakan Penumpang Mulai Hari Ini

Calon penumpang kereta api di Stasiun Gubeng, Surabaya, 15 April 2023.-FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Puncak arus mudik memang diperkirakan H-2 Lebaran. Biasanya memang begitu. Dan untuk lonjakan penumpang, diprediksi mulai Minggu, 16 April 2023. Itu untuk semua moda transportasi, yakni pesawat, bus, kereta api, dan kapal laut. 

Pada Sabtu, 15 April 2023, peningkatan penumpang di Terminal Purabaya, Bungurasih, di Sidoarjo, memang ada kenaikan. Namun masih relatif lengang. Feri Purnawan, calon penumpang bus di Terminal Purabaya, mudik bersama istri dan anaknya. Mereka mudik ke Madiun.

Walau tanah kelahirannya tidak terlalu jauh, Feri sangat jarang untuk bisa pulang kampung. Ia terlalu sibuk dengan pekerjaannya di Sidoarjo. Sebagai staf di salah satu perusahaan kontraktor di kabupaten tersebut. Bersyukur, perusahaan tempat ia bekerja sudah memberikan libur lebih cepat.

"Jumat, 14 April kemarin saya sudah libur. Jadi, hari ini (kemarin, Red) saya dan keluarga langsung berangkat ke Madiun. Sekitar 10 hari lah saya di kampung halaman. Setahun, paling hanya dua kali saya pulang kampung," kata Ferry saat ditemui Harian Disway, Sabtu, 15 April 2023.

BACA JUGA:Semakin Dekat dengan Customer, Honda Bagikan Voucher BBM Mudik

Ia berangkat lebih awal karena ingin menghindari kepadatan penumpang menjelang hari raya Idulfitri. "Ya, kalau sekarang kan lebih senggang. Saya tidak mau berdesak-desakan," ucapnya.

Kementerian Perhubungan memprediksi arus mudik Idulfitri 2023 akan mengalami lonjakan. Salah satu penyebabnya, karena tahun ini sudah tidak ada lagi pembatasan dari pemerintah akibat pandemi Covid-19. Prediksi itu terlihat sejak, Jumat, 14 April 2023.

Jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, yakni H-8, kenaikan jumlah bus tumbuh 10 persen. Bahkan, jumlah penumpangnya bertambah 16 persen. Dari catatan Kemenhub, Jumat kemarin, untuk kedatangan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) 196 bus dengan 951 penumpang.

Sementara, untuk antar kota dalam provinsi (AKDP) 451 bus dengan membawa 6.140 penumpang. Untuk keberangkatan AKAP sebanyak 190 bus dan 3.521 penumpang. Lalu, AKDP sebanyak 439 bus dengan membawa 8.227 penumpang.

"Dari pantauan mata kami, hari ini (kemarin) lebih banyak dari Jumat. Tapi, untuk data jumlah pasti penumpang, belum bisa kami infokan sekarang. Kalau kita rata-ratakan per harinya sejak 1-14 April kemarin, per hari bisa mencapai 11 ribu penumpang," kata Pengawas Pelayanan Terminal Purabaya Niken Sari Wulandari.


Petugas maskapai penerbangan melayani check ini di Bandara Juanda, Sidoarjo, 15 April 2023. -FOTO: HAIKAL ISMAIL--HARIAN DISWAY-

Jika melihat data H-7 Idulfitri 2022 lalu, keberangkatan tercatat sekitar 10 ribu penumpang. Sementara kedatangan hanya lima ribu orang saja. "Angka itu sudah termasuk AKDP dan AKAP. Melihat angka itu, saya sih yakin tahun ini, akan lebih banyak," ujarnya.

Saat ini PO bus belum ada yang mengeluarkan bus cadangan mereka. Biasanya, bus cadangan itu akan dikeluarkan H-3 Lebaran. Sebab, berpatokan dari Idulfitri di tahun sebelumnya, saat itulah puncak arus mudik terjadi. "Sampai sekarang, belum ada yang daftarkan ke kita bus cadangannya," terangnya.

Peningkatan penumpang juga terjadi di transportasi umum kereta api. KAI Daop 8 Surabaya mencatat, penumpang di H-7 Idul Fitri sebanyak 18.697 orang. Angka itu naik dari hari sebelumnya yang hanya 14.511 penumpang saja yang berangkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: