Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Mudik ke kampung halaman dengan lancar. Lakukan hal ini!-sumber : pinterest Freepik-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Orang dapat mabuk saat perjalanan jauh karena adanya konflik antara informasi visual dan sensorik yang diterima oleh tubuh. Saat bergerak dalam kendaraan tubuh merasakan gerakan dan percepatan yang berbeda-beda tergantung pada posisi dan arah gerakan. Namun, mata menerima sinyal visual yang mengindikasikan bahwa tibuh sedang diam atau tidak bergerak.

Konflik antara informasi sensorik dan visual ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, mual, dan muntah yang disebut sebagai motion sickness atau kinetosis. Orang Indonesia menyebutnya mabuk perjalanan.

Beberapa orang lebih rentan terhadap motion sickness daripada yang lain. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepekaan itu meliputi, kesehatan, usia, dan pengalaman sebelumnya dengan kondisi serupa.

Beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi motion sickness antara lain dengan duduk di tempat yang stabil, menghindari makanan yang berat sebelum perjalanan, menghindari bau yang kuat, dan fokus pada titik yang tetap di luar jendela. Terdapat juga obat-obatan yang dapat membantu mencegah atau mengatasi motion sickness, namun sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Ada pula tips untuk mencegah mabuk perjalanan terjadi:

 

  1. Istirahat Sebelum Mudik

Hal ini sangat penting dilakukan agar tubuh tidak lelah sebelum berangkat. Jika tidak sempat istirahat dengan cukup, bisa beristirahat di kendaraan.

 

  1. Mengonsumsi Obat Anti Mabuk

Dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan anti mabuk 1-2 jam sebelum perjalanan. Obat tersebut dapat dibeli di apotek tanpa melalui resep dokter. Pastikan mengonsumsi obat tersebut sesudah makan. 

 

  1. Hindari Bermain Gadget

Bermain gadget dapat memicu rasa mual dan pusing. Hal tersebut disebabkan oleh ketidaksesuaian antara mata dan telinga. Untuk menghindari hal tersebut bisa digunakan untuk mengobrol dengan orang lain.

 

  1. Hirup Minyak Angin Atau Aromaterapi

Cara menggunakannya cukup menghirup atau mengoleskan dibagian tubuh tertentu. Seperti bagian perut, pelipis, dan hidung. Ini merupakan salah satu alternatif obat mabuk tanpa perlu diminum.

 

  1. Pilih Pewangi Kendaraan yang Sesuai

Jika mengendarai kendaraan pribadi, hendaklah memilih pewangi kendaraan yang tepat. Sebaiknya tidak memilih pewangi yang aromanya menyengat. Karena hal tersebut memicu pusing hingga mual. 

 

Itulah lima cara agar tidak mabuk di perjalanan khususnya saat mudik. Stay safe dan selamat berlebaran di kampung halaman! (Maulidah)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: