Membedakan 7 Jenis Sepatu Kulit dari Oxford hingga Chelsea

Membedakan 7 Jenis Sepatu Kulit dari Oxford hingga Chelsea

Bermacam-macam sepatu kulit-instagram-tarmor.official

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ada banyak ragam sepatu kulit yang bisa dipakai saat lebaran. Namun terkadang banyak yang belum tahu jenis sepatu yang benar-benar dibutuhkan.

 

Model dari sepatu kulit juga beragam seperti oxford, derby, brogue, monkstrap, loafers, chelsea, dan chuka. Masing-masing memiliki ciri khas dan karakter unik. Tidak perlu bingung, berikut penjelasan 7 jenis sepatu kulit.

 

BACA JUGA:Kenali Undertone Kulit Anda untuk Memilih Warna Baju

 

BACA JUGA:Jam Rolex Makin Berwarna Tahun Ini

 

1) Oxford


Sepatu oxford-instagram-tonnypelle.lk

 

 

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan sepatu jenis Oxford. Jenis itu sering ditemukan di kaki pekerja kantoran. Penampilannya yang rapi dan formal menjadi alasan utama oxford banyak dipilih pegawai kantoran. Jenis itu biasanya tersedia dalam versi low dan boots/high

 

Oxford memiliki desain shoe lace atau ujung tempat tali yang tertutup dan menyatu dengan bagian vamps (bagian atas sepatu). Karena desain tersebut, lidah sepatu tidak begitu nampak dan memberikan kesan rapi. Heel sepatu oxford tidak begitu tinggi sehingga tidak memberi kesan mencolok.

 

Sepatu oxford cocok digunakan saat Idul Fitri jika memiliki tema busana formal.

 

 

2) Derby


Sepatu derby-instagram-tonnypelle.lk

 

Sekilas memang terlihat sama dengan oxford. Derby membawa ciri khas shoe lace terbuka. Desain itu memberikan kesan lebih santai dan kasual dibanding model oxford. Salah satu contoh sepatu derby yang paling banyak digemari adalah sepatu kulit Dr. Martens atau Docmart.

 

Meski berkesan kasual, derby tetap terlihat sederhana dan tidak mencolok. Mulai dari heel atau hak sepatu secukupnya hingga aksen tali yang sederhana. Pemakaian sepatu derby tidak akan terlalu mendominasi tampilan pakaian Anda secara keseluruhan. Ada dua pilihan yaitu versi low dan high/boots


Untuk outfit lebaran bertema kasual, sepatu kulit jenis derby cocok menjadi teman berbusana.

 

3) Brogue


Sepatu brogue-instagram-dapper.lane

 

 

Sepatu kulit brogue memberikan penampilan yang lebih mencolok. Pada bagian atas sepatu (vamps), terdapat aksen lubang-lubang berbagai ukuran. Susunan lubang tersebut akan membentuk pola dengan kesan mewah dan kasual baik dalam versi low maupun high.

 

Selain di atas vamps, aksen lubang juga terdapat di bagian toe cap atau tambahan penutup ujung kaki. Ada dua jenis yang banyak digemari yaitu flat dan wing tip. Flat adalah cap dengan garis datar dan wingtip adalah cap dengan dua lengkungan lancip seperti sebuah sayap.

 

Brogue cocok jika outfit lebaran ingin terlihat mencolok. Sepatu itu akan mencuri perhatian dan memancing pertanyaan.

 

4) Chukka


Sepatu chukka-instagram-dapper.lane

 

 

Jenis sepatu chukka masih bertahan dengan aksen tali. Chukka cocok untuk Anda yang ingin menggunakan sepatu high, tetapi merasa sepatu boots terlalu tinggi. Chukka lebih disarankan untuk pemakaian kasual.

 

Lubang tali yang irit (normalnya hanya sekitar 2–3 lubang saja) memberi kesan minimalis dan kasual. Heel juga tidak terlalu tinggi sehingga penampilan sepatu tidak akan mencolok walau modelnya high.

 

5) Loafers


Penny loafers (kiri), tassel loafers (tengah), dan horsebit loafers (kanan)-instagram-blackstockandweber

 

Sepatu kulit jenis loafers adalah jenis terpopuler selain oxford dan derby. Banyak dipilih karena kepraktisan pemakaian tanpa aksen tali. Loafers lebih sering disandingkan dengan penampilan busana kasual

 

Tiga jenis loafers yang banyak beredar di pasaran adalah penny loafers, tassel loafers, dan horsebit loafers. Penny memiliki aksen lubang koin di bagian atas, tassel bergaya dengan aksen bandul kulit, dan horsebit terlihat tegas dengan aksen besi di atasnya.

 

Loafers lebih cocok untuk penampilan outfit lebaran santai. Khusus Anda yang sering keluar-masuk rumah untuk silaturahmi, loafers menjadi pilihan efektif.

 

6) Monk Strap


Sepatu double monk strap-instagram-tonnypelle.lk

 

Jenis itu tetap membawa kepraktisan tanpa tali seperti loafers. Perbedaannya adalah jenis monk strap memiliki aksen tambahan seperti gesper sabuk di bagian atas. Monk strap hanya tersedia dalam versi low dan cocok untuk penampilan formal maupun kasual.

 

Selain vamps polos, juga terdapat sepatu monk strap dengan aksen toe cap datar. Ada dua jenis strap yang banyak beredar di pasaran yaitu single strap dan double strap

 

Kefleksibilitasan monk strap cocok untuk Anda yang ingin menggunakan outfit formal dan kasual di Hari Raya Idul Fitri.

 

7) Chelsea


Sepatu chelsea pria (kiri) dan sepatu chelsea perempuan (kanan)-instagram-ora.egy & tarmor.official

 

Jenis chelsea memberikan kepraktisan penggunaan layaknya loafers dan monk strap. Perbedaannya terletak pada desain chelsea yang mengusung konsep boots/high. Sepatu jenis itu lebih cocok untuk penampilan kasual.

 

Sepatu kulit chelsea dilengkapi aksen karet elastis pada bagian samping kaki untuk kemudahan pemakaian. Selain itu, ada pula versi lain dengan aksen ritsleting. Heel pada chelsea juga bervariasi, cenderung rendah untuk chelsea pria dan tinggi untuk chelsea perempuan.

 

Sepatu ini cocok untuk Anda yang menginginkan boots tanpa harus repot berurusan dengan tali.

 

Demikian penjelasan 7 jenis sepatu kulit yang cocok untuk lebaran. Bagaimana? Sudah tahu mana pilihan yang pas untuk outfit lebaran Anda? (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: