6 Tips Mudik Naik Motor dengan Aman, Pastikan Anak-Istri Tak Tertinggal

6 Tips Mudik Naik Motor dengan Aman, Pastikan Anak-Istri Tak Tertinggal

Ilustrasi Mudik Naik Motor--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Imbauan agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor selalu didengungkan setiap musim mudik. Namun, tetap saja banyak warga yang memilih mudik membawa sepeda motor mereka. Alasannya beragam, salah satunya sepeda motor memudahkan mobilitas mereka di kampung halaman.

Dibutuhkan perhatian khusus terkait persiapan sebelum menempuh jarak jauh menggunakan sepeda motor. Jangan sampai kejadian viral di Brebes terjadi lagi. Yakni ada pemudik motor yang tidak sengaja meningglkan anak dan istrinya di Brebes. Baru sadar setelah dua jam berkendara.  

Berikut Tips Mudik Naik Motor dengan Aman :

Melakukan Pengecekan Kondisi Motor

Kegiatan utama yang harus dilakukan adalah mengecek fungsi dan kondisi motor. Seperti bahan bakar , pergantian oli, lampu motor, spion, rem, dan beberapa komponen lain. Selain itu, pastikan membawa kelengkapan surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pahami Rute Sebelum Berkendara dan Patuhi Peraturan Lalu Linta

Menempuh perjalanan jauh tentunya diperlukan pemahaman jalur dan rute yang dilalui untuk ke tempat tujuan. Apalagi perjalanan mudik selalu dipadati kendaraan. Adanya pengalihan arus juga harus diperhatikan. Jika memasuki rute yang kurang dipahami, ada baiknya bertanya kepada orang yang ada di pos keamanan sekitar jalanan. Ketika sudah memahami rute, pengendara bisa melanjutkan perjalanan dengan hati-hati. Perhatikan rambu lalu lintas dan arah jalan yang benar agar tidak terjadi kecelakaan karena keluarga telah menanti di rumah.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Dalam berkendara juga dibutuhkan pakaian yang nyaman untuk dikenakan dalam perjalanan jauh. Gunakan jaket atau pakaian lengan panjang yang melindungi tubuh. Untuk pengendara bisa menggunakan sarung tangan agar terhindar dari panas matahari yang menyengat. Dan yang paling penting gunakan helm berstandar SNI supaya aman. Pakai kacamata atau kaca helm agar terhindar dari debu di perjalanan. Yang terakhir, siapkan jas hujan dan sandal dalam jok sepeda apabila diperlukan. 

Perhatikan Kondisi Kesehatan 

Baik pengendara maupun penumpang perlu memastikan kesehatannya sebelum bepergian jarak jauh. Apabila sedang merasa tidak enak badan, jangan memaksakan untuk berangkat karena kemungkinan buruk dapat terjadi saat di jalan. Utamakan kesehatan dan keselematan saat mudik, jika merasa lelah carilah tempat berhenti yang aman untuk istirahat.

Bawa Barang Secukupnya

Biasanya, pulang kampung untuk beberapa hari memerlukan beberapa barang dan pakaian yang ingin dibawa dan diberikan kepada orang rumah. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah beban barang yang dibawanya dan peletakan barang tersebut. Jangan sampai barang yang dibawa membahayakan keselamatan diri sendiri saat berkendara maupun keselamatan pengendara lain. Bawalah barang secukupnya dengan beban yang tidak berlebihan, agar melancarkan anda dalam berkendara jarak jauh.

Siapkan Bekal Perjalanan

Perjalanan jauh tentunya memakan waktu yang cukup lama. Berada di perjalanan juga melelahkan dan membutuhkan asupan makanan dan minuman. Apabila anda mudik saat berpuasa dan mendekati waktu maghrib, bawalah makanan dan minuman untuk berbuka di perjalanan. Dan jika tidak menjalankan puasa, bawalah bekal untuk disantap saat beristirahat.

Itulah enam tips mudik naik motor yang aman dan dapat dilakukan baik pengendara maupun penumpang. Pastikan keamanan dan kenyamanan berkendara untuk menempuh jarak jauh. Dan ingat, utamakan keselamatan karena keluarga telah menunggu kedatangan anda. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: