Lukisan Langit Shandong

Lukisan Langit Shandong

NAGA CANTIK bersiap terbang ke udara pada Festival Layang-Layang Internasional, Weifang, Provinsi Shandong, Tiongkok, Minggu, 16 April 2023.-China Daily-

WEIFANG, HARIAN DISWAY – Ya, langit kota Weifang, Provinsi Shandong, Tiongkok, menjadi berwarna-warni. Hewan-hewan raksasa meliuk-liuk di udara. Ada naga, phoenix (fenghuang/鳳凰), paus, hingga anjing Siberian Husky. Keceriaan di angkasa itu begitu terasa pada 40th Weifang International Kite Festival yang dibuka pada Sabtu, 15 April 2023.

 

Sesuai nama acara, peserta pun tidak hanya berasal dari Tiongkok. Total ada 622 penggila layang-layang yang unjuk kebolehan. Mereka datang dari 59 negara. Di antara mereka, misalnya, ada Andreas Argen dari Swedia. Atau Stanislav Kolbintsev dari Rusia. Semuanya membawa layang-layang terbaik untuk dikonteskan di situ.

 


GADIS PENARI memandang ke langit kota Weifang, Provinsi Shandong, Tiongkok. Mereka menyaksikan ratusan layang-layang dari berbagai negara yang mengikuti festival.-China Daily-

 

Weifang memang menggelari diri sebagai Ibu Kota Layang-Layang Dunia. Banyak perajin layang-layang di situ. Pas dengan situasi kota yang cenderung datar dan berangin. Di situ juga terdapat Museum Layang-Layang Dunia.

 

Festival tahun ini berlangsung hingga 21 Mei 2023. Selain lomba layang-layang, ada juga pertunjukan budaya, pameran, bursa lentera, plus pasar makanan. Menggoda, bukan? (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: