Duka Kahitna atas Berpulangnya Carlo Saba

Duka Kahitna atas Berpulangnya Carlo Saba

Vokalis Kahitna, Carlo Saba Meninggal Dunia-@kahitna -Instagram

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tak asing di telinga, suara merdu nan romantis, mengisi komposisi musik Kahitna. Pemilik suara itu adalah Carlo Saba. Publik musik tak bisa mendengarkannya lagi, karena penyanyi asal NTT itu telah berpulang. 

Carlo Saba meninggal dunia pada Kamis, 19 April 2023. Manajemen Kahitna menyebut bahwa Carlo meninggal pada pukul 21.00 WIB karena serangan jantung. Kabar itu tentu mengejutkan banyak pihak. Sebab, Carlo sempat mendapat perawatan atas sakit yang dideritanya sejak Januari 2023 itu. Bahkan kondisinya semakin membaik. 

Seperti dituturkan Ivan Saba, adik Carlo, "Setelah berobat, hasilnya baik. Senin kemarin dia operasi jantung, pasang tiga ring," ungkapnya, di Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat, pada 20 April. Bahkan setelah pengobatan itu, suara Carlo kembali normal seperti biasanya. 

Ia berencana kembali bernyanyi setelah beberapa bulan vakum. "Iya, Puji Tuhan ia merasa suaranya balik lagi seperti dulu. Tapi Tuhan punya rencana yang lebih indah lagi," ujar pria 46 tahun itu.

Kabar mengejutkan itu juga diumumkan oleh para musisi tanah air. Seperti Armand Maulana dan Adib Hidayat. Serta rekan satu grupnya di Kahitna, Yovie Widianto dan Hedi Yunus. Dalam akun instagramnya, Yovie mengunggah foto Carlo dengan latar musik lagu Cinta Sendiri, hits milik Kahitna. 

Dalam caption unggahan tersebut, Yovie menulis: Sahabatku, aku masih ingat kata-katamu saat kita masih SMA, "Yov, band kita akan jadi band lagu cinta yang enggak pernah ada yang menyamainya". Aku jawab, "Iya, Carlo. Kita banyakkan (lagu-lagu cinta) ya". Dalam unggahan itu pula, Yovie menyebut bahwa Carlo adalah penyemangat rasa kekeluargaan dalam tubuh grup Kahitna.

Pun, Hedi sebagai rekan penyanyi di Kahitna, merasa terpukul atas berpulangnya Carlo. Sudah 36 tahun lamanya mereka bergabung dalam satu grup musik. Tentu keduanya sangat dekat. Padahal sebelum meninggal, Hedi telah bertemu dua kali dengan rekannya itu. Tepatnya saat awal puasa, serta pada 10 April silam. 

"Ya, 10 April saya ketemuan lagi di Senayan Park. Bukber. Sampai malam. Kenapa Carlo kok tumben banget ya," ungkapnya. Tak lekang dalam ingatan Hedi, malam itu Carlo mengusap pundaknya, "Ia bilang, Carlo yang bayar sekarang. Selama puluhan tahun enggak pernah kaya gitu. Malam itu manis banget," kenangnya.

Vokalis Kahitna termuda, Mario Ginanjar, juga merasa terpukul karena berpulangnya Carlo. Dalam unggahan instagramnya, ia mendoakan rekan satu grupnya itu, "Sekarang mas Carlo bernyanyi di surga. Beruntungnya mereka disana dinyanyikan suara merdumu yang lembut tapi powerfull," tulisnya.

Penyakit jantung telah merenggut nyawa para artis nasional. Selain Carlo, terdapat Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari, Robby Sugara, Irene Justine dan lain-lain. Bahkan adik kandung Carlo, Marthin Saba pun meninggal dunia dua tahun lalu karena penyakit jantung. 

Carlo Saba akan senantiasa dikenang sebagai penyanyi bersuara merdu. Vokalis yang sulit dicari padanannya. Posisinya dalam Kahitna pun tak tergantikan. Meski begitu, karya-karyanya akan senantiasa abadi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: