Relawan Pramuka Bantu Penumpang di Stasiun

Relawan Pramuka Bantu Penumpang di Stasiun

Yusuf Randasa Husain, koordinator pengganti dari relawan Pramuka bertugas di Stasiun Gubeng,,Surabaya .-Erni Prasetyo-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kereta api masih menjadi sarana transportasi favorit sebagian masyarakat untuk mudik.  Seperti terlihat di Stasiun Gubeng, Surabaya. Pada Kamis, 20 April 2023, pada jadwal keberangkatan pagi, penumpang terlihat membeludak. 

Selain petugas dari KAI, terdapat para relawan yang membantu pekerjaan mereka, serta secara informatif memandu penumpang untuk naik ke kereta tujuan.

"Kami bertugas di sini sejak H-7. Sampai H+7 mendatang. Kalau hari ini, yang penuh pagi tadi. Siang ini meski ramai, tapi tidak seperti pagi tadi," ungkap Yusuf Randasa Husain, koordinator relawan Pramuka Surabaya. Saat itu ia sedang bersama Hendra Wibowo Santoso, pemudik yang akan pulang ke Yogyakarta.


Gerbong Kereta Api Sancaka Fakultatif di Stasiun Gubeng, Surabaya, sebelum berangkat ke Yogyakarta.-Erni Prasetyo-Harian Disway-

"Saya naik kereta Sancaka yang berangkat pukul 15.15. Tujuan stasiun Tugu, Yogyakarta. Menengok kerabat di sana," ungkap Hendra. Ia menyebut bahwa saat mudik, kereta api selalu jadi pilihan. Karena fasilitas pelayanan dan sebagainya dirasa cukup baik. "Nyaman, distribusi tiketnya jelas, jamnya on time. Selalu naik kereta kalau mau Lebaran begini," tambah pria 49 tahun itu.

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 3 : Cek Fitur Keselamatan

Bila Hendra mudik, penumpang lain, Jenny Liu, menyebut bahwa dia hendak liburan. "Saya enggak mudik. Liburan saja ke Jember. Ada relasi dan kawan-kawan yang menunggu saya di sana. Naik kereta Ranggajati, berangkat pukul 15.57," ujarnyi. Saat itu dia menunggu kehadiran keretanya di tempat duduk penumpang. 

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan pada 20 April diperkirakan terjadi kepadatan volume penumpang seperti sehari sebelumnya. "Data pada pukul 10.00 WIB, ada sebanyak 24.567 penumpang yang akan berangkat pada hari ini di wilayah Daop 8 Surabaya," ungkapnya.


Petugas mengarahkan calon penumpang di Stasiun Gubeng, Surabaya. -Erni Prasetyo-Harian Disway-

Mulai 14-20 April, jumlah penumpang yang naik sebanyak 147.420. Sedangkan yang turun 127.082 penumpang. Selama masa angkutan Lebaran Tahun 2023, KAI Daop 8 memberangkatkan 40 KA Jarak jauh reguler dan 9 KA tambahan. Masyarakat bisa mengakses update ketersediaan tempat duduk di aplikasi KAI Access," pungkasnya.

Bagi siapa saja yang mudik, perlu mempertimbangkan kereta api sebagai sarana transportasi yang aman dan nyaman. Apalagi dengan sistem digital, segalanya dipermudah. Juga, jangan lupa persyaratan telah 3 kali melakukan vaksin booster. Tapi jika belum vaksin karena sesuatu hal, berdasarkan website KAI (kai.id), penumpang dapat membawa surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: