Tips Mudik Bersama HONDA 3 : Cek Fitur Keselamatan

Tips Mudik Bersama HONDA 3 : Cek Fitur Keselamatan

Setelah ban dan kamar mesin, penting untuk mengecek fitur-fitur dalam mobil seperti rem dan transmisi -Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Setelah memastikan ban dan kamar mesin dalam kondisi prima, kini saatnya menuju ke dalam interior mobil untuk memastikan semua fitur keamanan dan keselamatan berfungsi sempurna. 

Menurut William Saputra, After Sales & Business Support General Manager Honda Center Surabaya, para calon pemudik harus melakukan pemeriksaan terhadap fitur-fitur operasional dalam interior mobil, seperti sistem rem, sistem transmisi, sistem pendingin udara, dan sistem wiper atau pembersih kaca. 

Ia menyebut, jika ada yang tidak beres dengan salah satu atau beberapa dari fitur diatas, maka akan ada simbol indikator yang muncul atau menyala di speedometer mobil anda. “Jika dirasa tidak bisa mandiri untuk melakukan pemeriksaan, silahkan bawa kendaraan anda ke bengkel resmi terdekat,” paparnya. 

BACA JUGA:Senamlah Ringan Selama Perjalanan Mudik

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 2 : Setelah Cek Ban, Cek Kondisi Mesin

Cek Sistem Pengereman

Sistem rem yang terdapat dalam mobil yaitu rem kaki, rem tangan, maupun rem parkir harus diperhatikan dengan baik. “Tak terkecuali juga dengan kondisi minyak rem harus ideal karena sangat penting bagi seluruh sistem rem yang bekerja dalam mobil.”, ungkapnya.

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 1 : Persiapan Sebelum Berangkat

Cek Sistem Transmisi

Untuk sistem transmisi dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan secara operasional. Misalnya dengan menggerakkan tuas transmisi. 

Jika saat sistem transmisi dirasa berat atau ada hambatan saat dijalankan, maka sesuatu yang tidak normal pasti terjadi di kendaraan anda. Membawa mobil ke bengkel resmi dirasa sebagai solusi terbaik jika sistem transmisi anda mengalami keadaan seperti itu.

Cek AC

Kemudian sistem pendingin udara. Pastikan udara yang dikeluarkan sesuai dengan suhu atau tekanan yang diinginkan. “AC harus mengeluarkan udara yang sejuk atau dingin. Jika AC mengeluarkan udara yang panas dan tidak normal, maka harus dibawa ke bengkel resmi terdekat,” katanya.

BACA JUGA:Series Jejak Naga Utara Jawa (76) : Harta Karun Peranakan di Tengah Pasar Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: