Tips Mudik Bersama HONDA 2 : Setelah Cek Ban, Cek Kondisi Mesin

Tips Mudik Bersama HONDA 2 : Setelah Cek Ban, Cek Kondisi Mesin

Setelah mengecek ban, lanjut pada bagian mesin. Beberapa perlu diperhatikan, seperti level oli, tabung air penyemprot wiper, serta tegangan aki.-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

HARIAN DISWAY – Setelah memastikan keempat ban dalam kondisi prima, waktunya untuk membuka kap mesin untuk melakukan pengecekan. 

After Sales & Business Support General Manager Honda Center Surabaya William Saputra mengungkapkan bahwa ada tiga hal utama yang perlu dipastikan oleh pengendara. 

Cek Oli Mesin

Pengecekan Oli Mesin bisa dilakukan dengan menarik dipstick yang biasanya berada di dekat blok mesin. Dipstick akan menunjukkan level dan kekentalan oli. Oli yang terlalu sedikit bisa menyebabkan mesin lebih cepat panas (overheat). Sementara kalau berlebihan, bisa memperburuk kinerja mesin. 


Memeriksa level oli dalam mesin dengan mencabut dipstick-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

BACA JUGA:Tips Mudik Bersama HONDA 1 : Persiapan Sebelum Berangkat

BACA JUGA:Gerhana Matahari Jadi Hiburan Para Pemudik di Surabaya

Cek Level Coolant (Radiator)

Pastikan sistem pendingin di mobil bekerja sempurna. Gunakan coolant sesuai dengan mobil atas petunjuk dari produsen. Di beberapa mobil, kondisi cairan pendingin bisa dilihat dari indikator yang ada di layar speedometer. Pengecekan sistem radiator bisa dilakukan di bengkel resmi sebelum berangkat mudik

Cek Level Air Wiper  

Dengan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini, penting untuk memastikan tabung air penyemprot wiper selalu terisi penuh. “Ketika hujan atau dalam kondisi kering wiper bisa membersihkan kaca dengan baik sehingga visibilitas semakin bagus,” kata william. 

Cek Tegangan Aki 

BACA JUGA:Series Jejak Naga Utara Jawa (73) : Sien Ci Putih Ita Martadinata

Yang tidak kalah penting adalah untuk mengecek tegangan baterai (aki) mobil. Baterai berfungsi penting untuk melakukan starter mesin. Tegangan aki yang terlalu rendah akan menyebabkan masalah besar pada pengemudi di tengah perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: