Memori HP Kebanjiran Foto-Video Selamat Lebaran, Ini Cara Aktifkan Fitur Disappearing Messages WA

Memori HP Kebanjiran Foto-Video Selamat Lebaran, Ini Cara Aktifkan Fitur Disappearing Messages WA

Cara menghindari WhatsApp disadap dan dibajak-Foto/Unsplash/Amin Moshrefi-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dalam momen Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, sangat banyak pesan ucapan Lebaran yang diterima melalui WhatsApp, mulai dari teks panjang hingga gambar atau video. Jumlah chat yang banyak bisa membuat memori HP cepat penuh, terlebih lagi dengan gambar atau video yang terlampir.

Namun, WhatsApp memiliki fitur tersembunyi yang disebut Disappearing Messages untuk menghapus pesan yang sudah terkirim secara otomatis. Selain untuk menjaga privasi, fitur ini juga membantu pengguna untuk menghemat ruang penyimpanan pada ponsel, terutama untuk file percakapan berukuran besar dari ruang grup WhatsApp, gambar, dan video.

Fitur Disappearing Messages dapat diaktifkan secara bawaan dan chat yang dikirim akan terhapus sesuai dengan durasi yang dipilih. WhatsApp juga menambahkan opsi baru untuk mengaktifkan pesan menghilang pada grup, tetapi fitur ini opsional dan tidak mengubah apa yang sudah ada sebelumnya.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Pengaturan/Setelah WhatsApp > klik Akun > Privasi > Timer pesan default, lalu pilih durasi. Jika opsi tidak tersedia, pengguna harus memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menghapus pesan ucapan Lebaran secara otomatis sebelum memori HP penuh. Selain itu, WhatsApp juga menambahkan dua durasi baru untuk pesan menghilang. Yakni,  24 jam dan 90 hari, selain opsi 7 hari yang sudah ada sebelumnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: