Tips Mudik Bersama HONDA 6 : Teknik Pengereman dan Aquaplaning

Tips Mudik Bersama HONDA 6 : Teknik Pengereman dan Aquaplaning

Memeriksa Tread Wear Indicator (TWI) untuk memastikan ketebalan tapak ban. Semakin tipis tapak ban, semakin panjang jarak pengereman efektif-Foto : Andika Bagus Priambodo/Harian Disway-

Namun, ternyata ada cara untuk menghindari kondisi Aquaplaning. Cara khusus ini efektif untuk melewati medan yang tergenang. Pertama, pertahankan akselerasi awal sampai melewati genangan. Jangan mengerem atau menginjak gas secara mendadak karena akan membuat penumpang panik. 

Langkah kedua, mengerem secara perlahan setelah genangan terlewati. “Trik ini juga berfungsi untuk mempertahankan grip ban agar tidak slip,” tambahnya. 

Eko juga menambahkan, beberapa kendaran dilenegkapi fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yang bisa memitigasi kondisi selip maupun aquaplaning dengan lebih optimal. VSA berfungsi untuk menyesuaikan gerakan roda kanan dan kiri dalam situasi yang tak wajar. “Sistem kerjanya, VSA akan melakukan pengereman secara continue saat gerakan roda dan gesekan jalan tidak seimbang,” jelasnya.(Rizky Ramadhan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: