Khofifah Cek Kesiapan Tempat-Tempat Wisata di Jatim

Khofifah Cek Kesiapan Tempat-Tempat Wisata di Jatim

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (kanan) saat menemani Khofifah (krudung biru) meninjau tempat wisata di Batu, Senin, 24 Maret 2023.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY-Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga saat liburan menjadi momen yang paling dinanti. Apalagi, libur Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini terbilang sangat panjang. Tempat wisata pun penuh dengan pengunjung. Mulai dari wisata alam, sampai pada pusat perbelanjaan.

 

Salah satunya adalah Royal Plaza. Sepanjang hari, mal yang berada di Jalan Ahmad Yani itu ramai didatangi pengunjung. Ada yang membawa sanak saudara. Ataupun membawa istri dan anak-anak berbelanja di sana. Tenan-tenan penjualan baju menjadi target utamanya.

 

Anas Budianto salah satunya. Ia mengajak istri: Lailatul Qoiria dan kedua anaknya berbelanja di mal tersebut. Menghabiskan waktu libur bersama keluarga kecilnya itu. "Mumpung libur mas. Jadi, bisa menghabiskan waktu dengan anak dan istri," katanya, Senin, 24 Maret 2023.

BACA JUGA:Libur Lebaran, Warga Padati Kebun Binatang Surabaya

BACA JUGA:Jalankan Instruksi Kapolri, Polda Jatim Siapkan 127 Bus Untuk Balik Gratis

 

 

Rutinitas itu selalu ia lakukan setiap kali liburan. Namun, tidak selalu ke mal. Terkadang, dirinya mengajak keluarganya ke kebun binatang, pantai, atau ke tempat wisata lainnya di Jatim.

 

"Kalau lebaran seperti ini, saya harus kunjungi keluarga saya di Sidoarjo, Surabaya dan Gresik. Saya pasti menyempatkan ke tempat wisata di daerah itu. Ya, bersenang-senang dengan keluarga. Maklum saja saya sangat sibuk kerja," tambahnya.

 

Hari itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, meninjau beberapa tempat wisata di Jatim.

BACA JUGA:Manuver Sandiaga Uno Jadi Bacawapres Lewat PPP

 

Mereka ingin memastikan, wisatawan yang datang di tempat wisata di Jatim aman. Serta, dapat menikmati liburan dengan nyaman. Salah satunya adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS).

 

Diprediksi puncak kunjungan di taman satwa tersebut pada Sabtu, 29 April 2023 mencapai 25 ribu orang. Sementara pada Minggu, 23 April kemarin saja, kunjungan di KBS mencapai 15 ribu orang. "Mudah-mudahan seluruh masyarakat yang melakukan wisata bisa menikmati KBS," ucapnyi.

 

Setelah itu, mereka langsung menuju Kota Batu. Di kota itu memang sangat banyak destinasi wisata. Bahkan, menjadi primadona wisatawan nusantara. Lonjakan wisatawan terjadi sehari setelah lebaran. Beberapa hotel dan homestay pun mulai penuh.

BACA JUGA:Endang Titis Bodro Triwarsi, Rohaniwan Konghucu Bersuku Jawa (2) : Perempuan Jawa yang Dikagumi Umat Tri Dharma

 

Jalan-jalan lebih padat dari biasanya. Berbeda ketika hari pertama cuti bersama yakni 19 April 2023. Kota Batu tidak terlalu ramai. "Mulai padat. Tapi, tidak macet. Memang biasanya lonjakan wisatawan terjadi H+1 Idul Fitri," kata Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, kepada Harian Disway.

 

Pun ia mengakui, beberapa obyek wisata di kota tersebut sudah dipenuhi pengunjung. Khofifah dan forum pimpinan kepala daerah (Forkopimda) saat itu mengunjungi Museum Angkut dan Jatim Park 1. "Kenaikan wisatawan sekitar 24 persen," ungkap pria yang juga menjabat sebagai kepala Dinas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim itu. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: