Libur Lebaran, Warga Padati Kebun Binatang Surabaya

Libur Lebaran, Warga Padati Kebun Binatang Surabaya

Pengunjung tertib mengatre di area parkir KBS, Minggu, 23 April 2023-Wawan-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kebun Binatang Surabaya (KBS) dibanjiri pengunjung pada masa libur Lebaran 2023. Tidak hanya dari Surabaya, namun juga dari kota-kota sekitar.

 

Meskipun cuaca sedang terik pada senin siang, 24 April 2023, namun hal tersebut tak menyurutkan ribuan pengunjung untuk berkeliling KBS.

 

Seperti rombongan keluarga asal Sidoarjo yakni Ifudhan bersama istri dan seorang anak, Keenan Alfarenda. Mereka menempuh perjalanan selama 30 menit, untuk sampai ke KBS. "Tadi, berangkat dari rumah jam 14.00, panas sekali di jalan. Untung jalanan nggak macet, mungkin karena momen libur lebaran banyak warga yang mudik ya," ujar Ifud.

BACA JUGA:Pemerintah Mulai Evakuasi WNI Dari Sudan

BACA JUGA:Polda Jatim Soal Mudik 2023: Angka Kecelakaan Meningkat Namun Fatalitas Menurun

 

Bagi Ifud dan keluarga, KBS adalah wahana rekreasi yang murah dan gampang aksesnya. Tak perlu harus jauh-jauh untuk menikmati kesejukan alam dan wahana edukasi. Karena itu, KBS salah satu pilihan mereka, usai mudik dari Lumajang.

 

"Kita senang ke KBS karena baik untuk mengedukasi anak tentang nama, jenis, dan apa saja model habitat setiap hewan itu. Keenan juga senang karena di sini (KBS, Red) suasananya adem dan sejuk," terang Ifud.

 

Selain rombongan Ifud, KBS juga menjadi pilihan berlibur rombongan besar. Kali ini tidak tanggung-tanggung, yakni dari Kota Bekasi. Empat keluarga dari Pulau Jawa bagian barat itu menyempatkan diri mampir ke KBS. "Setiap tahun kita selalu berlibur ke tempat wisata usai silaturahmi. Sebelum balik Jakarta," ujar Lilik Suhartini, warga Surabaya yang sudah merantau ke Bekasi sejak 16 tahun silam.

BACA JUGA:Obral Diskon Tol Mulai Semarang Hingga Jakarta. Ini Daftar Tarifnya

BACA JUGA:One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap. Simak Jadwal Rekayasa Lalin di Jalan Tol Selama Arus Balik

 

"Ini momen kumpul bareng keluarga. Agar tak selalu ke mall, setelah dari KBS ini, besok kita ke Pantai Kenjeran," lanjut Lilik.

Sejak hari H Lebaran 1 Syawal 1444 Hijriah, memang KBS menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang nyaman bagi warga lokal Surabaya dan kota-kota sekitar, maupun warga luar daerah yang kebetulan sedang mudik lebaran atau mengunjungi saudara mereka di Surabaya.

 

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung kala libur Lebaran, pihak manajemen KBS pun, meningkatkan pelayanannya dengan membuka tiga pintu akses masuk. Yakni dua pintu utama depan kawasan KBS, serta satu pintu alternatif dekat Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) atau pintu belakang KBS.

 

"Kalau hari biasa, hanya dibuka dua pintu saja. Kalau momen besar seperti, libur sekolah, tahun baru, dan lebaran baru kita buka ketiga-tiganya," ujar Plt. Humas KBS Lastri Pujuono.

 

Selain pelayanan akses pintu masuk, Lastri menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai program dan even untuk menyambut kedatangan pengunjung. Antara lain, Wahana Animal Edutainment, Wahana Kids Zoo, Wahana Tunggang Gajah dan Onta, juga Wahana Rumah Jamur.

 

"Kami juga telah menyiapkan program khusus libur Lebaran ini. Antara lain feeding time satwa, foto booth satwa, keeper talk with animal, pentas kesenian Jaranan dan Reog Ponorogo, aneka pentas live musik dan masih banyak hiburan lainnya," kata Lastri.

 

Lastri menambahkan, memang terjadi peningkatan pengunjung selama momen libur Lebaran 2023. Meskipun ia mengakui jumlah pengunjung pada hari H Lebaran kurang memuaskan: hanya 3.400 ribu pengunjung. Tapi, hari kedua, sudah mampu menembus angka 15 ribu pengunjung. "Kalau hari ini, (Senin, 24 April 2023) sudah bertambah. Mencapai 19 ribu lebih pengunjung," tandas Lastri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: