Enam Ahli Waris Takhta Inggris setelah Raja Charles III, Pangeran William Urutan Pertama

Enam Ahli Waris Takhta Inggris setelah Raja Charles III, Pangeran William Urutan Pertama

FOTO KENANGAN ketika mendiang Ratu Elizabeth II duduk di singgasana kerajaan sebelum membuka sesi parlemen di Houses of Parliament, London, 14 Oktober 2019. Ratu didampingi Pangeran Charles yang menjadi penerus takhta.-TOLGA AKMEN-AFP-

LONDON, HARIAN DISWAY – Anda sudah tahu, Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022 dalam usia 96 tahun. Takhta Inggris pun beralih ke putra sulung, yakni Pangeran Charles yang jadi putra mahkota selama 70 tahun. Naiknya sang pangeran menjadi Raja Charles III tentu mengubah urutan ahli waris kerajaan Inggris tersebut.

 

Berdasar hukum, ahli waris kerajaan Inggris ditentukan dari keturunan, jenis kelamin, legitimasi, serta agama. Takhta kerajaan harus diwariskan kepada keturunan penguasa monarki. Atau kepada saudara terdekat penguasa monarki jika raja atau ratu tak memiliki keturunan.

 

Lalu, bagaimanakah tata urutan ahli waris takhta Raja Charles III yang akan dinobatkan pada 6 Mei 2023 tersebut? Simak urutannya…

 

1. Pangeran William

Sebagai putra sulung Raja Charles III, urutan pertama ahli waris takhta kerajaan dipegang oleh Pangeran William. Sang putra mahkota pernah bekerja sebagai pilot helikopter Royal Air Force dan East Anglian Air Ambulance. Namun, pada 2017 ia fokus pada tugas-tugas kerajaan. Pangeran William menikahi Kate Middleton pada 29 April 2011. Mereka punya tiga anak.


Pangeran William, Prince of Wales, putra sulung Raja Charles III.-Agence France-Presse-

 

2. Pangeran George

Pangeran George merupakan putra pertama Pangeran Willian dan Kate Middleton. Cucu Raja Charles III ini berada di urutan kedua sebagai calon penerus kakeknya. Jika suatu saat menjadi raja, nama pangeran kelahiran 22 Juli 2013 itu akan menjadi Raja George VII.


Pangeran George of Wales, anak pertama Pangeran William.-AGENCE FRANCE-PRESSE-

 

3. Putri Charlotte

Putri Charlotte adalah anak kedua Pangeran William dan Kate Middleton. Usianya baru tujuh tahun. Tetapi, putri kelahiran 2 Mei 2015 ini menempati urutan cukup tinggi sebagai ahli waris takhta Inggris. Yakni, urutan ketiga. Dia adalah satu-satunya perempuan dan termuda dalam daftar urutan ahli waris takhta kerajaan saat ini.


Putri Charlote of Wales, anak kedua Pangeran William dan Kate Middleton.-Duke and Duchess of Cambridge-

 

4. Pangeran Louis

Sebagai putra ketiga Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis yang baru berumur lima tahun itu juga masuk dalam urutan calon penerima takhta Kerajaan Inggris. Namun bebannya tidak seberat kakak sulungnya, Pangeran George, yang suatu saat nanti hampir pasti jadi raja.


Pangeran Louis dipangku Raja Charles III-Chris Jackson-AFP-

 

 

5. Pangeran Harry

Sebagai putra kedua Raja Charles III dan mendiang Putri Diana, Pangeran Harry tidak otomatis berada di bawah Pangeran William dalam urutan ahli waris takhta Inggris. Sebab, berdasar aturan, takhta memang diwariskan berdasar keturunan penguasa. Maka, urutan penerus takhta pasti dihitung berdasar keturunan Raja Charles lalu Pangeram William beserta anak-anaknya. Artinya, jika Pangeran William punya anak lagi, maka Pangeran Harry pun makin merosot dari daftar ahli waris takhta.


Pangeran Harry, anak kedua Raja Charles III.-Sascha Schuermann-AFP-

 

6. Archie Mountbatten-Windsor

Archie Mountbatten-Windsor merupakan putra pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle. Meskipun berada di posisi keenam, namun Archie masih masuk ke dalam daftar urutan penerima takhta kerajaan dari garis keturunan Raja Charles III. (Kumala Herni Kartika)


Archie Mountbatten-Windsor bersama Pangeran Harry dan Meghan Markle saat kunjungan di Afrika Selatan pada 2019.-AGENCE FRANCE-PRESSE-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: