Ini Dia Perubahan di Inggris setelah Raja Charles III Naik Takhta

Ini Dia Perubahan di Inggris setelah Raja Charles III Naik Takhta

SERAGAM BARU anggota Yeoman Warder, salah satu regu penjaga di Inggris, yang menampakkan simbol pemerintahan Raja Charles III, Senin, 24 April 2023.-BEN STANSALL-AFP-

LONDON, HARIAN DISWAY – Raja Charles III bakal resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris pada 6 Mei 2023. Ia menggantikan Ratu Elizabeth II yang meninggal tahun lalu. Karena ada perubahan kepala negara, maka pasti banyak yang berubah di Inggris. Mulai lagu kebangsaan, gambar pada uang, pernik-pernik hukum dan politik, lambang kekuasaan, hingga paspor dan prangko.

 

Apa saja perubahannya? Mari kita simak…:

 

Mata Uang

Gambar wajah Raja Charles III akan muncul pada uang kertas dan uang koin di Inggris. Gambar tersebut menggantikan wajah Ratu Elizabeth II yang wajahnya ada pada uang Inggris. Selain itu, perubahan itu juga terjadi di Karibia Timur, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Itulah negara-negara persemakmuran yang otomatis dipimpin oleh Raja Charles III sebagai kepala negara. Tak hanya itu, arah gambar wajah raja pada uang koin juga akan berbalik dengan penguasa sebelumnya.

 

Prangko

Selain perubahan gambar pada mata uang, prangko juga dipastikan berubah. Prangko di Inggris dan beberapa negara lainnya akan menampilkan gambar wajah Raja Charles III. Ini memang menjadi tradisi negara-negara berbentuk kerajaan. Wajah penguasa monarki tampil di produk-produk moneter dan filateli.

 


Mata uang Inggris yang masih bergambar Ratu Elizabeth II.-Susannah Ireland-AFP-

 

Inisial Lambang Pemerintahan

Setiap raja atau ratu yang memerintah Inggris akan membuat simbol inisial sesuai namanya. Simbol ini lalu menjadi lencana pada berbagai seragam hingga topi resmi di pemerintahan atau militer Inggris. Ratu Elizabeth II, misalnya, menggunakan inisial ERII. Ini adalah singkatan dari Elizabeth Regina II. Sedangkan Raja Charles III berinisial CRIII yang kepanjangannya adalah Charles Rex III. Regina dan rex berarti ratu dan raja dalam bahasa Latin.

 

Lagu Kebangsaan

Sudah 70 tahun ini, lagu kebangsaan Inggris yang berjudul God Save The Queen. Setelah ini, lagu itu adalah God Save The King. Liriknya juga disesuaikan.

 

BACA JUGA : Penobatan Raja Charles III, Publik Inggris Makin Apatis

BACA JUGA : Siapa Raja Charles III? Ini Tanggal Bersejarah dalam Kehidupannya…

BACA JUGA : Pemimpin Monarki Terlama Dalam Sejarah Bukan Elizabeth II

 

Paspor Inggris

Pada bagian sampul dalam paspor Inggris ada kalimat dengan frase Her Majesty alias Yang Mulia Ratu. Sekarang, frase itu menjadi His Majesty atau Yang Mulia Raja. Tetapi, paspor lama masih bisa digunakan sampai masa berlakunya habis.

 

Istilah-Istilah Hukum dan Politik

Perubahan sangat besar terlihat pada Kementerian Keuangan dan Badan Bea Cukai. Setiap kata her diubah menjadi atau his. Sebutan untuk para pengacara senior juga berubah. Seperti QC atau Queen's Counsel berubah menjadi KC yaitu King's Counsel.  Tak hanya itu, ucapan saat bersulang juga mengalami perubahan. Frase The Queen kini berubah menjadi The King. Proses bersulang itubiasanya dilakukan saat pertemuan atau acara resmi.

 

Itulah beberapa hal yang akan berubah pada kepemimpinan Raja Charles III. Perubahan tersebut mayoritas terjadi pada layanan barang dan jasa serta pelayanan pemerintah. Tentunya rakyat Inggris perlu adaptasi akan adanya beberapa perubahan tersebut. (Maulidah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: